PENGARUH PARENTING STYLE DAN PERSONALITY GENETIC TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DI ISLAMIC SCHOOL

Main Article Content

Masduki Asbari
Wakhida Nurhayati
Agus Purwanto

Abstract

Pendidikan karakter penting untuk menjadi mainstream pokok pendidikan di Indonesia baik di ranah formal, nonformal maupun informal. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pengembangan karakter anak, di antaranya adalah pola asuh di keluarga (parenting style) dan personality genetic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parenting style dan personality genetic terhadap pengembangan karakter anak. Jenis penelitian adalah korelasional menggunakan metode survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi sekaligus sample penelitian ini adalah orang tua siswa PAUD Aya Sophia Islamic School sebanyak 96 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) yang disusun berdasarkan skala Likert. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pola asuh parenting style merupakan hasil modifikasi dari Parenting Style Questionnaire (PSQ) Robinson et al. (1995) dan Roman et al. (2015). Instrumen untuk mengukur personality genetic diadaptasi dari Poniman (2013), sedangkan untuk mengukur pengembangan karakter anak menggunakan adaptasi dari Poniman dkk. (2014). Analisis pada penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Model) dengan software SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa parenting style dan personality genetic berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan karakter anak

Article Details

How to Cite
Asbari, M., Nurhayati, W., & Purwanto, A. (2020). PENGARUH PARENTING STYLE DAN PERSONALITY GENETIC TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DI ISLAMIC SCHOOL. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 1(1), 1-19. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/PDF
Section
Articles