PENGARUH PARENTING STYLE DAN PERSONALITY GENETIC TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DI ISLAMIC SCHOOL

Main Article Content

Agus Purwanto
Masduki Asbari
Wakhida Nurhayati

Abstract

Pendidikan karakter penting untuk menjadi mainstream pokok pendidikan di Indonesia baik di ranah formal, nonformal maupun informal. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pengembangan karakter anak, di antaranya adalah pola asuh di keluarga (parenting style) dan personality genetic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parenting style dan personality genetic terhadap pengembangan karakter anak. Jenis penelitian adalah korelasional menggunakan metode survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi sekaligus sample penelitian ini adalah orang tua siswa PAUD Aya Sophia Islamic School sebanyak 96 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) yang disusun berdasarkan skala Likert. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pola asuh parenting style merupakan hasil modifikasi dari Parenting Style Questionnaire (PSQ) Robinson et al. (1995) dan Roman et al. (2015). Instrumen untuk mengukur personality genetic diadaptasi dari Poniman (2013), sedangkan untuk mengukur pengembangan karakter anak menggunakan adaptasi dari Poniman dkk. (2014). Analisis pada penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Model) dengan software SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa parenting style dan personality genetic berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan karakter anak

Article Details

How to Cite
Purwanto, A., Asbari, M., & Nurhayati, W. (2020). PENGARUH PARENTING STYLE DAN PERSONALITY GENETIC TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DI ISLAMIC SCHOOL. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 1(1), 1-19. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/PDF
Section
Articles

References

Abidin, A.R. (2011). Analisis Gender pada Gaya Pengasuhan, Proses Pembelajaran di Kelas, Perilaku Sosial dan Prestasi Belajar Siswa SMA di Kota Bogor. Tesis. Sekolah Pascasarjana IPB. Bogor: IPB.
Afifah, A. (2019, Januari 8). Selama 2018, KPAI Terima Pengaduan 4.885 Kasus Anak. . Diakses: 15 Oktober 2019.
Aziz, A. H. (2012). Pendidikan Karakter Berpusat pada Hati. Jakarta: Al Mawardi Prima.

BKKBN. (1996). Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 1994.

Carey, G. & Dilalla, D. L. (1994). Personality and Psychopathology: Genetic Perspective. Journal of Abnormal Psychology, 103(1).

Efobi, A. & Nwokolo, C. (2014). Relationship between Parenting Styles and Tendency to Bullying Behaviour among Adolescents. Journal of Education and Human Development, 3 (1).

Ferguson, C. (2010). Genetic Contributions to Antisocial Personality and Behavior: A Meta-Analytic Review from an Evolutionary Perspective. The Journal of Social Psychology, 150 (2).

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Huver, R. M . E. et al. (2010). Personality and Parenting Style in Parents of Adolescents. Journal of Adolescence, 33.

Hasnain, B.F. & Adlakha, A. (2013). Self Esteem and Happiness of Children and Mothers of Different Parental Authority. The International Journal of Humanities and Social Studies, 1.

Jonyniene, J. & Kern, R.M. (2012). Individual Psychology Lifestyles and Parenting Style in Lithuanian Parents of 6 to 12 Years Old. International Journal of Psychology.

Miles, D. & Carey, G. (1997). Genetic and Environmental Architecture of Human Aggression. Journal of Personality and Social Psychology, 27(1).

Misbach, I. H. (2010). Dahsyatnya Sidik Jari Menguak Bakat dan Potensi untuk Merancang Masa Depan Melalui Fingerprint Analysis. Jakarta: Visi Media.

Musrofi. (2011). Potensi Preneur. Surakarta: Talents Center.

Murakami, K. (2012). The Miracle of DNA. Bandung: Mizan Media Utama.

Murakami, K. (2013). Misteri DNA. Jakarta: Gramedia.

Nyarko, K. (2011). The Influence of Authoritative Parenting Style on Adolescents Academic Achievement. American Journal of Social and Management Science.

Oktafiany, N. D. dkk. (2013). Correlation of Parenting Method to the Sudents Emotional Quotients of Diponegoro 1 Jakarta Junior High School. Jurnal UNJ Online, 1(2).

Othman, N. & Khairollah, S. (2013). Exploring the Relationship between Islamic Personality and Parenting Style. International Journal of Islamic Thought, 4.

Pratiwi, S. 2015). Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah Etnis Cina Ditinjau dari Gaya Pengasuhan Orang Tua. Proceeding Seminar Nasional Positive Psychology 2015. Surabaya: Unika Widya Mandala.

Puskur. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Balitbang Kemendiknas.

Puspitawati, H. & Sarma, M. (2012). Sinergisme Keluarga dan Sekolah. Bogor: IPB Press.

Poniman, F. & Mangussara, R.A. (2012). Konsep Palugada STIFIn. Jakarta: STIFIn Institute.

Poniman, F. & Mangussara, R.A. (2013). STIFIn Personality. Jakarta: STIFIn Institute.

Poniman dkk. (2014). Kubik Leadership Solusi Esensial Meraih Sukses dan Hidup Mulia. Jakarta: Kompas Gramedia.

Robinson, C. et.al. (1995). Authoritative, Authoritarian and Permissive Parenting Practices: Development of a New Measure. Psychological Reports, 77, 819-830.

Roman, N. et.al. (2015). Parenting Styles and Psychological Needs Influences on Adolescent Life Goals and Aspirations in A south African Setting. Journal of Psychology in Africa, 25(4).

Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada.

Samani, M. & Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Setiawan, D. (2018, Maret 6). KPAI Catat Anak Dimanfaatkan Jadi Kurir Narkoba. Diakses: 15 Oktober 2019.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Talib, Johari et.al. (2011). Effects of Parenting Style on Children Development. World Journal of Social Sciences, 1(2).

Utomo, D. (2014). Intensi Perilaku Prososial Anak Ditinjau dari Gaya Pengasuhan. Jurnal Online Psikologi, 2(1).