Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Penggunaan Media Gambar Seri pada Siswa Kelas III SD Inpres Pallangga Kabupaten Gowa
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berbicara murid kelas III SD Inpres Pallangga melalui penggunaaan media gambar seri. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas III SD. Inpres Pallangga melalui penggunaan media gambar seri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD. Inpres Pallangga Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa dengan jamlah siswa 30 orang yang terdiri dari 18 orang siswa perempuan dan 12 orang siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dilakukan 2 kali pertemuan dan siklus II juga dilakukan 2 kali pertemuan, yang dilakukan selama 2 bulan dan ditambah dengan merangkum semua hasil penelitian yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil temuan dalam penelitian ini adalah bahwa hubungan peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas III SD. Inpres Pallangga melalui penggunaan media gambar seri adalah: 1) Tingkat kemampuan berbicara siswa kelas III SD. Inpres Pallangga pada siklus I (Tindakan I-Tindakan II), masuk dalam kategori rendah dengan jumlah nilai rata-rata 54,9 sedangkan pada siklus II (Tindakan I-Tindakan II), mengalami kemajuan dengan kategori tinggi dengan nilai rata-rata 75,2. 2) Terdapat peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas III SD. Inpres Pallangga melalui penggunaan media gambar seri, baik secara kualitatif maupun kuantitatif,. Hal tersebut dapat dilihat pada tabel dan penjelasan pada lampiran, pada siklus I dan siklus II pada setiap tindakan mulai dari tindakan I sampai tindakan II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara dapat ditingkatkan melalui penggunaan gambar seri.
Article Details
References
Abidin, Zainal. 1981. Evaluasi Instruksional. Bandung: Remaja Karya
Abimanyu, Soli dan Sulaiman Samad. 2003. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian. Jakarta: Gunung Agung
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.s
Azhin, A. 1993. Pendidikan Dalam Proses Belajar Mengajar. Ujung Pandang: CV. Ingka P.
Budinuryanta. 1998. Pengajaran Keterampilan Bendahara. Jakarta : Depdikbud.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dirnyati. Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan
Djamarah, syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Djayadisastra, Yusuf. 1984. Teknologi Komunikasi Pendidikan. Bandung: Angkasa.
Hamalik, Oemar. 1989. Media Pendidikan. Jakarta: Aksara.
Haryadi & Zamzani. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Diklat: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Nasution, S dkk. 2008. Buku Penuntun Membuat Tesis Skripsi Disertai Makalah. Jakarta: Bumi Aksara
Nengsih, 2009. Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Media Gambar. Skripsi. Jurusan PGSD. Universitas Negeri Makassar
Sadiman, Arif. S dkk. 1990. Media Pendidikan. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan CV. Rajawali.
Soeparno dkk. 1998. Media Pengajaran Bahasa. Ujung Pandang: PT.Intan Pariwara.
Sudjana, Nana & Rivai. 1990. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.
Tarigan, Hendry Guntur. 1987. Berbicara. Jakarta: Rineka Cipta.
Tarigan, Hendry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional. Jakarta: Cemerlang.