Deteksi Dini Kesehatan Mental Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Univeritas Muhammadiyah Enrekang
Main Article Content
Abstract
Abstract:
Abstrak: : Kesehatan mental mahasiswa semakin meningkat di lingkup lembaga pendidikan tinggi. Kesehatan mental merupakan faktor utama yang mendukung individu dalam menjalani aktivitas keseharian khususnya menjalani aktivitas perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis deskriptif mengenai kondisi kesehatan mental mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Enrekang. Sebanyak 107 mahasiswa dari beberapa program studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Enrekang berpartisipasi dalam penelitian ini. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner SRQ-20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa terindikasi mengalami masalah kesehatab mental yang di dominasi oleh perempuan. Selanjutnya dilakukan analisis kondisi kesehatan mental berdasarkan variabel demografis. Hasilnya menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan anatara jenis kelamin dan tingkatan studi terhadap gejala gangguan kesehatan mental. Temuan ini memiliki implikasi penting bagi pengembangan program dan kebijakan yang mendukung kesehatan mental mahasiswa. Penelitian selanjutnya dapat memperdalam pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan mental mahasiswa dan melakukan perbandingan lintas negara untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas.
Article Details
References
Bitew, T & Birhan, W. (2021). The Potential Effect of Depression on Academic Outcomes of Students in Higher Educational Institutions of Northwest Ethiopia : A Cross-Sectional Study. Academic Journals Educational Research and Reviews Vol. 16(1), pp. 9-15, January, 2021 DOI: 10.5897/ERR2020.4055
Duffy, C. Keown-Stoneman, S. Goodday, J. Horrocks, M. Lowe, N. King, W. Pickett, S. H. McNevin, S. Cunningham, D. Rivera, L. Bisdounis, C. R. Bowie, K. Harkness and K. E. A. Saunders Predictors of mental health and academic outcomes in first-year university students: Identifying prevention and early-intervention targets
Eisenberg D, Downs MF, Golberstein E, Zivin K. (2009). Stigma and Help Seeking for Mental Health Among College Students. Med Care Res Rev, 66(5):522–541
Fajlurrahman, I dan Wardaningsih, S (2021). Kebijakan Kampus Terkait Kesehatan Jiwa Pada Mahasiswa : Literature Review. Jurnal Keperawatan Jiwa (IKJ) : Persatuan Perawat Nasional Indonesia, Volume 9 No 3 Hal 603 - 612, Agustus 2021, e-ISSN 2655-8106, p-ISSN2338-2090
Hussain, R., Guppy, M., Robertson,S.,Temple, E (2013). Physical and Mental Health Perspectives of First Year Undergraduate Rural University Students. BMC Public Health, 13 : 848. Doi:10.1186/1471-2458-13-848
Lipson, S. K., & Eisenberg, D. (2018). Mental health and academic attitudes and expectations in university populations: Results from the healthy minds study. Journal of Mental Health, 27(3), 205–213. https://doi.org/10.1080/09638237.2017.1417567Jennifer Marie Martin (2010) Stigma and student mental healthin higher education, Higher Education Research & Development, 29:3, 259-274, DOI: 10.1080/07294360903470969
Pedrelli, P et.al (2014). College Students : Mental Health Problems and Treatmeant Considerations. Acad PsychiatryDOI 10.1007/s40596-014-0205-9
Prahastuti (2023). Psychometric Properties Analysis of Self-Reported Questionnaire (SRQ)-20 Instrument with Rasch Model. INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental, 2023, Vol. 8(2), 148-173, doi: 10.20473/jpkm.v8i22023.148- 173
Ribeiro IJS, Pereira R, Freire IV, de Oliveira BG, Casotti CA, Boery EN. Stress and quality of life among university students: a systematic literature review. Health Prof Educ 2018; 4: 70–7
Sari dan Susmiatin (2023). Deteksi Kesehatan Mental Emosional pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah STIKES Yarsi Mataram. Vol. XIII, No.1, Januari 2023, pp. 10-17
Setyanto, A.T., Hakim, M.A., Muzakkir, F.P. (2023). Deteksi Dini Prevalensi Gangguan Kesehatan Mental Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Wacana Vol.15. No.1, Januari 2023,pp.66-78 DOI: https://dx.doi.org/10.20961/wacana.v15i1.69548
Smith, D. T., Mouzon, D. M., Elliot, M (2018). Reviewing the Assumptions About Men’s Mental health: An Exploration of the Gender Binary. American Journal of Men’s Health Vol. 12 (1) 78-79, doi: DOI: 10.1177/1557988316630953
Y. AlKandari, N. (2021). Students Anxiety Experiences in Higher Education Institutions. IntechOpen. doi: 10.5772/intechopen.92079
Zhang JY, Shu T, Xiang M, Feng ZC. (2021). Learning Burnout: Evaluating the Role of Social Support in Medical Students. Front Psychol 12:625506. doi: 10.3389/fpsyg.2021.625506