Analisis Hermeneutika Nilai Kekeluargaan dalam Buku Nak,Kamu ngga Papa, Kan? Karya Mas Koko Ganteng

Main Article Content

Zhilzy Ananda
Aqna khaerun Aqilah
Widya Nur Amalia Yusri
Anita Candra Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai kekeluargaan yang terkandung dalam buku Nak, kamu ngga papa,kan karya Mas koko ganteng melalui pendekatan hermeneutika.Buku ini mengisahkan tentang dinamika keluarga dengan berbagai konflik tokoh dalam melalui tantangan yang dihadapinya.Dalam analisis in,,pendekatan hermeneutika digunakan untuk menafsirkan lebih dalam terkait makna dari narasi disajikan,terutama mengenai konsep nilai kekeluargaan,hubungan antar anggota keluarga dan nilai-nilai yang dibangun dalam proses komunikasi dari pemahaman bersama.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh melalui 3 tahap : membaca dengan teliti buku nak,kamu ngga papa,kan ,serta mencatat poin-poin penting yang relevan dengan topik penelitian,kemudian data dianalisis dengan teori hermeneutika eksistensial Martin Heidegger. Hasil analisis menunjukkan bahwa buku ini menggambarkan pentingnya empati,konunikasi,dan pengertian dalam memperkuat ikatan keluarga,serta bagaimana konflik dan perbedaan dapat menjadi bagian dari proses pertumbuhan keluarga.Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pemahaman lebih dalam mengenai nilai kekeluargaan dalam sastra,serta relevansinya dalam konteks kehidupan sosial masyarakat Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ananda, Z., Aqilah, A. khaerun, Yusri, W. N. A., & Dewi, A. C. (2025). Analisis Hermeneutika Nilai Kekeluargaan dalam Buku Nak,Kamu ngga Papa, Kan? Karya Mas Koko Ganteng. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 6(1), 47-57. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/8900
Section
Articles

References

(Ali Manshur, 2023), U. N. (2023). Analisis Hermeneutika Nilai Kekeluargaan Dan Pendidikan Dalam Novel Rasa Karya Tere Liye. Jurnal PENEROKA: Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 267-278.(tapung, 2024).
Faruk. (2012). Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Pustaka Pelajar.
Gadamer, Hans-Georg. (1975). Truth and Method. Continuum.
Kurniawan, E. D. (2022). Telaah Strategi Tokoh Sabari dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata dalam Memanfaatkan Puisi sebagai Model Pembelajaran Kesusastraan Pada Anak Usia Dini: Analisis Hermeneutika Richard E. Sandibasa (1), 1, 418-430.
Luxemburg, Jan van, dkk. (1989). Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.
Palmer, Richard E. (1969). Hermeneutics: Interpretation Theory in Schleiermacher, Dilthey, Heidegger, and Gadamer. Northwestern University Press.
Rahardjo, M. Dawam. (2002). Ensiklopedi Tematis Dunia Islam: Etika dan Moral. Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve.
Suseno, Franz Magnis. (1987). Etika Sosial: Dasar dan Prinsip Moral Kristiani. Jakarta: Gramedia.
Tapung, M. (2024). Relevansi pemikiran Heidegger tentang “being and time” terhadap Praktik Tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” Siswa SD pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 1-19.