Implikasi Filsafat Ilmu dalam Pendidikan dan Pembelajaran: Studi Komperatif Pemikiran Auguste Comte

Main Article Content

Afrilia Afrilia
A.Aril Maulana
Anatahsya Anatahsya
Anita Canra Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji filsafat ilmu dan implikasinya terhadap pendidikan melalui studi komparatif terhadap pemikiran August Comte. Comte dikenal sebagai pelopor positivisme yang menekankan pentingnya pendekatan ilmiah dalam memahami realitas sosial. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, studi ini menganalisis kontribusi pemikiran Comte terhadap pengembangan ilmu dan bagaimana gagasan-gagasannya dapat diimplementasikan dalam konteks pendidikan modern. Hasil kajian menunjukkan bahwa positivisme Comte mendorong penerapan metode empiris dan observasi sistematis dalam proses belajar mengajar, yang dapat meningkatkan objektivitas dan rasionalitas dalam pendidikan. Namun, studi ini juga menyoroti keterbatasan pendekatan positivistik, terutama dalam aspek humanistik dan nilai-nilai moral dalam pendidikan. Dengan demikian, pemikiran Comte memberikan dasar penting bagi pengembangan teori pendidikan yang ilmiah, meskipun perlu disinergikan dengan pendekatan lainnya agar lebih holistik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Afrilia, A., Maulana, A., Anatahsya, A., & Dewi, A. C. (2025). Implikasi Filsafat Ilmu dalam Pendidikan dan Pembelajaran: Studi Komperatif Pemikiran Auguste Comte. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 6(1), 73-87. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/8904
Section
Articles

References

Sukidi, A. (2012). Filsafat positivisme dalam pemikiran ekonomi. Pasdam Wordpress

Idris, S. (2018). Kebenaran ilmiah menurut perspektif filsafat ilmu. REPOSITORY Universitas Islam Negeri Ar-Ranury Banda Aceh.

Arifin, L. (2020). Filsafat positivisme Aguste Comte dan relevansinya dengan ilmu-ilmu keislaman. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, Vol 9(1), 1–10.

Mayadah, U. (2020). Positivisme Auguste Comte. Jurnal Kalam dan Filsafat,Vol 2(1), 1–12.

Sumarni, S., Dkk. (2023). Analisis komparasi filsafat ilmu dan ilmu filsafat serta implikasinya terhadap pendidikan modern. Jurnal Pendidikan Islam, Vol 13(2), 176–188.