Peran Filsafat dalam Membentuk Tujuan Pendidikan Nasional

Main Article Content

Anita Candra Dewi
Fina Dwi Adelia
Akila Ghaniya Salsabila Rahman
Maria Novriani Virtaseni H

Abstract





Penelitian ini bertujuan untuk memeriksa kontribusi filosofi idealis terhadap manajemen dan tujuan pendidikan nasional di Indonesia melalui metode penelitian sastra. Dengan memeriksa berbagai sumber teks seperti karya -karya filsafat idealisme, terutama Immanuel Kant, serta peraturan dan kebijakan pendidikan nasional seperti memperkuat pendidikan karakter (PPK), penelitian ini menunjukkan bahwa idealisme memberikan dasar filosofis yang kuat dalam membentuk nilai -nilai pendidikan, tujuan dan peran pendidikan. Idealisme, mempertimbangkan ide dan nilai -nilai sebagai realitas tertinggi, tercermin dalam suara yang ditempatkan di pejabat utama, peran sentral guru dan upaya untuk membentuk kepribadian siswa. Namun, penelitian ini juga mengungkapkan tantangan dalam implementasi nilai -nilai idealisme ketika dihadapkan dengan realitas praktis sistem pendidikan modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan selalu dalam mantra dialektik antara standar ideal dan batasan penuh, mencerminkan dinamisme antara aspirasi filosofis dan realitas politik.





Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Dewi, A. C., Adelia, F. D., Rahman, A. G. S., & Virtaseni H, M. N. (2025). Peran Filsafat dalam Membentuk Tujuan Pendidikan Nasional. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 6(1), 104-112. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/8906
Section
Articles

References

Chaeratunnisa, E., Sari, F., & Hidayat, S. (2024). Konsepsi filsafat idealisme dalam penerapan pembelajaran di sekolah dasar. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 27-38.
Gumilar, G., Saifudin, M. F., Fauziati, E., & Muhibbin, A. (2024). Filsafat Idealisme Immanuel Kant: Relevansinya dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Immanuel Kant's Philosophy of Idealism: Its Relevance in Character Education in Elementary Schools. Jurnal Filsafat Indonesia, 7(1), 131-138.
Hanifah, R., & Desyandri. (2023). Konsep Pendidikan Merdeka Belajar Perspektif Filsafat Idealisme. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).
Idawati, I., Ahmad, A. K., Aprilia, N., & Sentya, M. (2024). Implementasi Filsafat Idealisme Melalui Pendidikan Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4).
Mubin, A. (2022). Refleksi Pendidikan Filsafat Idealisme. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 15(2).
Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40.
Salmiyanti, S., & Desyandri, D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pandangan Filsafat Idealisme. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(2), 1371-1375.
Santosa, Y. B. P. (2024). FILOSOFI PENDIDIKAN. PENGANTAR PENDIDIKAN, 21.
Semadi, Y. P. (2019). Filsafat Pancasila dalam Pendidikan di Indonesia Menuju Bangsa Berkarakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2).
Shagena, A., & Syarifuddin, S. (2022). Peran Filsafat Idealisme serta Implementasinya pada Pendidikan. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(2), 45–54.