Peran Filsafat Pendidikan sebagai Dasar Ilmu Pendidikan

Main Article Content

Andi Abdul Rahman Saleh
Nabila Salsabila
Citra Citra
Anita Candra Dewi

Abstract

Filsafat pendidikan merupakan kajian mendalam yang bertujuan untuk menggali prinsip-prinsip dasar pendidikan serta menjelaskan tujuan, nilai, dan metode yang seharusnya diterapkan dalam dunia pendidikan. Artikel ini membahas hubungan erat antara filsafat dan pendidikan, dengan menyoroti pentingnya filsafat sebagai dasar dalam pengembangan ilmu pendidikan. Filsafat memberikan wawasan mendalam tentang hakikat manusia, tujuan pendidikan, serta pendekatan yang tepat dalam pembelajaran. Tujuan filsafat pendidikan adalah menginspirasi proses pembelajaran yang ideal, sekaligus memberikan panduan dalam merumuskan kebijakan pendidikan. Di samping itu, filsafat pendidikan juga berfungsi untuk mengembangkan pemikiran kritis dan reflektif, mendorong inovasi, serta menyatukan teori dan praktik dalam pendidikan. Dalam kajian ini, juga dibahas tentang ruang lingkup filsafat pendidikan, termasuk masalah metafisika, epistemologi, etika, dan estetika yang relevan dengan pendidikan. Dengan demikian, filsafat pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam mengarahkan pendidikan agar dapat menghasilkan generasi yang cerdas, berkarakter, dan berwawasan luas dalam menghadapi tantangan masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Saleh, A. A. R., Salsabila, N., Citra, C., & Dewi, A. C. (2025). Peran Filsafat Pendidikan sebagai Dasar Ilmu Pendidikan. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 6(1), 122-134. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/8908
Section
Articles

References

Abdul Muis Thabrani. (2015). Filsafat dalam pendidikan. Jember: IAIN Jember Press.
Bakker, A., dkk. (1990). Metodologi penelitian filsafat (Cet. I). Yogyakarta: Kanisius.
Barnadib, I. (1987). Filsafat pendidikan: Sistem dan metode (Cet. VII). Yogyakarta: Andi Offset.
Haderani. (2018). Tinjauan filosofis tentang fungsi pendidikan dalam hidup manusia. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), Januari–Juni.
Hasanah, M. (2022). Filsafat pendidikan. Mataram: Kanhaya Karya.
Hermawan, H. (2012). Filsafat pendidikan Islam. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama.
Kristiawan, M. (2016). Filsafat pendidikan: The choice is yours. Yogyakarta: Valia Pustaka.
Lailatu Rohmah. (2019). Eksistensialisme dalam pendidikan. Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 5(1), Juli.
Mustapa, A. S. D. (2021). Konsep pendidikan Islam menurut Imam Al-Ghazali. Jurnal JRPP, 4(2), Desember.
Salahuddin, A. (2011). Filsafat pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Waris. (2014). Pengantar filsafat. Ponorogo: STAIN Po Press.
Yusuf, M. (2018). Pengantar ilmu pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.