Peran Filsafat Pendidikan sebagai Dasar Ilmu Pendidikan
Main Article Content
Abstract
Filsafat pendidikan merupakan kajian mendalam yang bertujuan untuk menggali prinsip-prinsip dasar pendidikan serta menjelaskan tujuan, nilai, dan metode yang seharusnya diterapkan dalam dunia pendidikan. Artikel ini membahas hubungan erat antara filsafat dan pendidikan, dengan menyoroti pentingnya filsafat sebagai dasar dalam pengembangan ilmu pendidikan. Filsafat memberikan wawasan mendalam tentang hakikat manusia, tujuan pendidikan, serta pendekatan yang tepat dalam pembelajaran. Tujuan filsafat pendidikan adalah menginspirasi proses pembelajaran yang ideal, sekaligus memberikan panduan dalam merumuskan kebijakan pendidikan. Di samping itu, filsafat pendidikan juga berfungsi untuk mengembangkan pemikiran kritis dan reflektif, mendorong inovasi, serta menyatukan teori dan praktik dalam pendidikan. Dalam kajian ini, juga dibahas tentang ruang lingkup filsafat pendidikan, termasuk masalah metafisika, epistemologi, etika, dan estetika yang relevan dengan pendidikan. Dengan demikian, filsafat pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam mengarahkan pendidikan agar dapat menghasilkan generasi yang cerdas, berkarakter, dan berwawasan luas dalam menghadapi tantangan masa depan.
Downloads
Article Details
References
Bakker, A., dkk. (1990). Metodologi penelitian filsafat (Cet. I). Yogyakarta: Kanisius.
Barnadib, I. (1987). Filsafat pendidikan: Sistem dan metode (Cet. VII). Yogyakarta: Andi Offset.
Haderani. (2018). Tinjauan filosofis tentang fungsi pendidikan dalam hidup manusia. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), JanuariāJuni.
Hasanah, M. (2022). Filsafat pendidikan. Mataram: Kanhaya Karya.
Hermawan, H. (2012). Filsafat pendidikan Islam. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama.
Kristiawan, M. (2016). Filsafat pendidikan: The choice is yours. Yogyakarta: Valia Pustaka.
Lailatu Rohmah. (2019). Eksistensialisme dalam pendidikan. Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 5(1), Juli.
Mustapa, A. S. D. (2021). Konsep pendidikan Islam menurut Imam Al-Ghazali. Jurnal JRPP, 4(2), Desember.
Salahuddin, A. (2011). Filsafat pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Waris. (2014). Pengantar filsafat. Ponorogo: STAIN Po Press.
Yusuf, M. (2018). Pengantar ilmu pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.