Kontribusi Filsafat Ilmu terhadap Pembentukan Moral dan Etika Pendidikan di Era Teknologi

Main Article Content

Noprianti Noprianti
Nur Fawilda Yanti
Rani Dianingsi
Anita Candra Dewi

Abstract

Di era digital yang ditandai dengan kemajuan teknologi yang pesat, pendidikan menghadapi tantangan serius dalam menjaga integritas moral dan etika peserta didik. Filsafat ilmu, sebagai cabang filsafat yang menelaah hakikat dan penerapan pengetahuan, memiliki peran krusial dalam membentuk fondasi etis dalam dunia pendidikan. Studi ini menyoroti bagaimana filsafat ilmu memberikan kontribusi strategis dalam mengarahkan pendidikan agar tidak hanya berfokus pada penguasaan ilmu dan teknologi, tetapi juga pada pembentukan karakter yang bertanggung jawab, bijak, dan berintegritas. Filsafat ilmu menawarkan kerangka berpikir kritis, reflektif, dan rasional yang mendorong integrasi nilai-nilai moral ke dalam kurikulum, metode pembelajaran, serta pemanfaatan teknologi secara etis. Konsep-konsep ontologis, epistemologis, dan aksiologis dalam filsafat ilmu membantu membentuk siswa yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga matang secara moral. Pendidikan etika digital, kesadaran sosial-kultural, dan evaluasi kritis terhadap dampak teknologi menjadi aspek penting dalam membentuk generasi yang mampu menggunakan teknologi secara bertanggung jawab. Peran guru dan orang tua juga menjadi kunci dalam aktualisasi nilai-nilai filosofis dalam kehidupan peserta didik. Dengan demikian, filsafat ilmu berkontribusi signifikan dalam menjaga arah pendidikan tetap berada dalam koridor kemanusiaan yang luhur di tengah arus globalisasi dan digitalisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Noprianti, N., Yanti, N. F., Dianingsi, R., & Dewi, A. C. (2025). Kontribusi Filsafat Ilmu terhadap Pembentukan Moral dan Etika Pendidikan di Era Teknologi. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 6(1), 135-144. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/8909
Section
Articles

References

Cahya, A. I., dkk. (2025). Membangun Karakter Siswa Melalui Integrasi Filsafat Ilmu Dalam Kurikulum Merdeka: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Jurnal Wahana Pendidikan, 12(1), 217-228).

Fadhillah, R. A. (2018). Peran Guru dan Orang Tua Dalam Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Anak di MI Dawung Tegalrejo Magelang (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA).

Faiz, dkk. (2022). Relasi Etika dan Teknologi dalam Perspektif Filsafat Islam. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora, 3 (3), 231-237.
Fitri, S. A., dkk. (2024). Menyingkap Tiga Pilar Pedagogik: Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi dalam Pendidikan Modern. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8 (2), 27063-27069.

Hukubun, M. D., dkk. (2024). Pendidikan karakter di era digital: Strategi mengajarkan nilai-nilai moral dan etika kepada generasi yang tumbuh bersama teknologi. Jurnal Pedagogi, 1 (3), 74-82.

Luthfiyah, A., Arifin, F., Muzayyana, M., & Zein, A. W. (2024). Peran Filsafat Ilmu dalam Pengembangan Etika Ilmiah di Masyarakat Modern. Mutiara: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 2 (6), 146-155.

Nipan, dkk. (2024). Filsafat Pendidikan dalam Era Teknologi: Transformasi Nilai dan Metode Pembelajaran. Jurnal Adijaya Multidisiplin, (6), 938-947.

Pajriani, T. R, dkk. (2023). Epistemologi Filsafat. PRIMER: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1 (3), 282-289.

Rewita, S., dan Salminawati. (2022). Konsep dan Karakteristik Filsafat. JOSR: Journal of Social Research, 1 (3), 755-761.

Reyvani, D., dkk. (2025). Pengertian Filsafat Ilmu dan Ruang Lingkup Filsafat Ilmu. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 2 (1), 502-512.

Rohmah, S. K., dan A’yun, D. Q. (2025). Filsafat Pendidikan dalam Mengembangkan Karakter Siswa: Landasan Nilai dan Implementasinya di Era Digital. Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 3 (1), 356-363.

Rustandi, F, dkk. (2024). Hakikat Ilmu Pengetahuan dalam Era AI: Mempertahankan Integritas Epistemologi di Tengah Automasi, Journal Scientific of Mandalika (ism), 6 (2), 296-307.

Sari, A. P., dan Munir. (2024). Peran Filsafat Ilmu dalam Membangun Karakter Pendidikan di Era Digital dan Teknologi. Jurnal Teknologi Transformasi Digital (Digitech), 4 (2), 952-958.

Siskawati, O. F., dkk. (2024). Metode Filsafat Ilmu dan Penerapanya dalam Kajian Manajemen Pendidikan Islam. Journal on Education, 7(1), 6036-6041.

Wahyuni, A. (2021). Pendidikan Karakter. Sidoarjo: Umsida Press.