Kontribusi Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan
Main Article Content
Abstract
Artikel ini membahas kontribusi tiga cabang utama filsafat, yaitu ontologi, epistemologi, dan aksiologi, dalam pengembangan kurikulum pendidikan modern, khususnya dalam konteks kurikulum merdeka. Ontologi berkaitan dengan hakikat realitas pendidikan, epistemologi membahas cara memperoleh dan memvalidasi pengetahuan dalam proses pembelajaran, sementara aksiologi mengkaji nilai-nilai etika dan estetika dalam praktik pendidikan. Penelitian menggunakan metode kepustakaan (library research) untuk menganalisis literatur relevan dari berbagai disiplin ilmu. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi ketiga pilar filsafat tersebut mampu membentuk sistem pendidikan yang menyeluruh, berdaya, inklusif, dan etis. Dengan demikian, artikel ini memberikan pemahaman filosofis yang mendalam dan menawarkan pendekatan konseptual dalam merancang kurikulum yang kontekstual dan berorientasi pada pengembangan karakter peserta didik.
Downloads
Article Details
References
Luthfiyah. & Khoihir, A. 2023. Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi filsafat pendidikan. Jurnal Basicude, Vol 7(5), 3250.
Nurohman, A. M. 2023. Peran Filsafat Aksiologi Dalam Perkembangan Kurikulum Merdeka. Innovative education journal, Vol 5(3), 172-177.
Rohmatulloh, R. 2024. Landasan Ontologi Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Mata PelajaranaFikih Madrasah Aliyah. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol 3(2), 312-312.
Usmaulidar , & Fitri, Y. 2024. Kajian Ontology, Epistimologi, dan Aksiologi Serta Perannya Dalam Pendidikan Dasar. Journal Of Social Science Research, Vol 4(1), 5-7.
Fitri, A. F. 2024. Menyingkap Tiga Pilar Pedagogik: Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi dalam Pendidikan Modern. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol 8(2), 27066-27067.