Kontribusi Filsafat Ilmu terhadap Pembentukan Etika dalam Pendidikan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam peran filsafat ilmu dalam pembentukan etika dalam konteks pendidikan. Filsafat ilmu dipahami sebagai refleksi kritis, rasional, dan sistematis terhadap dasar-dasar pengetahuan ilmiah, termasuk struktur logis, metode, serta nilai-nilai etis yang melandasinya. Filsafat memberikan fondasi berpikir yang penting bagi pendidikan, karena mampu menjembatani antara pengetahuan teoritis dengan pemaknaan moral dalam proses pembelajaran. Pendidikan yang dibangun di atas dasar filsafat ilmu memungkinkan terwujudnya manusia yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki kesadaran etis yang tinggi. Dalam kaitannya dengan pendidikan, filsafat menjadi penuntun dalam merumuskan tujuan, metode, dan substansi pembelajaran yang berakar pada nilai-nilai moral. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dan analisis hermeneutik terhadap sumber-sumber literatur relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filsafat ilmu memiliki kontribusi signifikan dalam memperkuat landasan etika akademik, khususnya dalam membentuk integritas, tanggung jawab moral, serta sikap kritis di lingkungan pendidikan.
Downloads
Article Details
References
Liliweri,A 2022 Filsafat Ilmu. Jakarta: Kencana Rahayu
Muhid Abdul 2016 Peranan Filsafat Ilmu Terhadap Pendidikan. Jurnal Ilmiah Sosial Hukum Budaya, 35(2),73-83.
Suriansumantri. Jujun 2015 Ilmu Dalam Persepektif. Jakarta:Yasasan Pustaka Obor Indonesia
Susanto, A. 2011. Filsafat Ilmu. Jakarta: Bumi Aksara.
Suriasumantri, J.S. 2009. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Wahyuni. 2019. Etika Ketuhanan.Yogyakarta:Idea Press