Upaya Peningkatan Hasil Belajar Kognitif siswa Menggunakan Model Pembelajaran Role Playing Upaya Peningkatan Hasil Belajar Kognitif siswa Menggunakan Model Pembelajaran Role Playing
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran Role playing. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Langkah-langkah dalam metode ini meliputi perencanaan tindakan, penerapan tindakan, observasi dan evaluasi proses dan hasil tindkan, serta tahap terakhir adalah refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Advent Nusra Noelbaki yang berjumlah 18 orang dan objek dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan model pembelajaran Role playing. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar, kemudian data dianalisis menggunakan rumus persentasi dengan mengukur kriteria keberhasilan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I sebanyak (83%) siswa yang nilainya tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal ( KKM ), hal ini dikarenakan pada tahap perencanaan guru tidak menyiapkan media pembelajaran dan juga waktu yang dibagikan untuk siswa bermain peran masih kurang sehingga siswa terkesan terburu-buru dalam bermain peran. Sedangkan pada tahap pelaksaan guru tidak memberikan motivasi kepada siswa dan tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, guru juga kurang tegas dalam menyikapi masalah dikelas. Sedangkan pada siklus II sebanyak (78%) siswa yang nilainya mencapai KKM. Hal ini dikarenakan pada siklus II guru sudah menyampaikan materi sesuai dengan yang telah direncanakan dan sekaligus memperbaiki kesalhan pada siklus I. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pada matapelajaran IPA materi “sistem peredaran darah” di kelas VIII B SMP Advent Nusra Noelbaki dengan menggunakan model pembelajaran Role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.