Penanaman Nilai-Nilai Cinta Damai Melalui Pembelajaran IPS ( Studi Penomenologi) Penanaman Nilai-Nilai Cinta Damai Melalui Pembelajaran IPS ( Studi Penomenologi)
Main Article Content
Abstract
Abstrak : Pendidikan kedamaian adalah pendidikan budaya, pengembangan karakter, dan metanoia diri pribadi dan masyarakat. Pentingnya penanaman nilai cinta damai di sekolah sebagai upaya untuk mencegah tindak kekerasan lebih dini pada siswa. Pendidikan perdamaian sangat penting dalam mengubah budaya kekerasan dalam suatu proses pendidikan yang melibatkan banyak element, baik itu orang tua, pihak sekolah, pemerhati pendidikan dan pemerintah dalam upaya penenaman cinta damai pada siswa disekolah.
Penelitian ini mengkaji tentang nilai-nilai cinta damai dengan studi penomenologi pada Sekolah Tingakat Dasar / SD. Nilai-nilai perdamaikan dan nilai-nilai cinta damai dilaksanakan pada kehidupan sekolah tidak dapat dilepaskan dari fokus kepala sekolah dan guru. Kmedpala sekolah memiliki peran dan fungsi yang strategis dalam menanamkan nilai-nilai cinta damai pada kehidupan disekolah.
Hasil penelitian ini diharapkan nantinya mampu sebagai bahan acuan peneliti lain untuk mengembangkan suatu penelitian lanjutan yang dimana mampu memberikan gambaran yang jelas bagaimana menerapkan nilai-nilai cinta damai dalam lingkungan sekolah, sehingga mampu memberikan solusi untuk melakukan pendidikan perdamaian yang memang diharapkan dalam dunia pendidikan diseluruh dunia.
Kata Kunci: Penanaman Nilai-nilai Cinta Damai, Pembelajaran IPS, Sekolah Dasar
Abstract: Peace education is cultural education, character, development, and community self metanoia. The importance of instilling the vaue of peace-loving in scools as an effort to prevent premature violence against students. Peace education is very important in changing the culture of violence educational process that involves many elements, be it parents, schools, education observers and the goverment in an effort to inculcate a love of peace in school students.
This study examines the values of peace with a phenomenological study at Elementary Schools / SD. The values of peace and the values of peace in school life cannot be separated from the focus of the principal and teachers. The school building has a strategic role and function in instilling peace-loving values in school life.
It is hoped that the results of this research will be able to serve as a reference for other researchers to develop further research which is able to provide a clear picture of how to apply peace-loving values in the school environment, so as to provide solutions for peace education that is expected in the world of education throughout the world.