Strategi Guru dalam Mengatasi Pengucilan Sosial Siswa di Lingkungan Kelas

Main Article Content

Suci Dahlya Narpilla
Mhd Juliansyah
Noval Noval
Nabila Salsabila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang diterapkan oleh guru dalam mengatasi pengucilan sosial siswa di lingkungan kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi mengenai strategi-strategi efektif yang dapat diterapkan oleh guru untuk mencegah dan mengatasi pengucilan sosial siswa, sehingga tercipta lingkungan kelas yang aman, tenteram, dan suportif. Peran guru sebagai mediator sangat penting dalam membangun hubungan yang harmonis antar siswa. Sebagai perantara dalam interaksi sosial, guru perlu memiliki pengetahuan mengenai cara orang berinteraksi dan berkomunikasi agar dapat menciptakan lingkungan yang berkualitas dan interaktif. Sebagai mediator dan fasilitator, guru berperan untuk menumbuhkan hubungan positif antara siswa yang terlibat dalam permasalahan sosial. Salah satu langkah yang dapat diambil adalah dengan mempertemukan siswa yang terlibat dalam bullying, kemudian mengarahkan mereka untuk bekerja dalam satu kelompok belajar. Jika siswa masih enggan berdamai, guru dapat melibatkan orang tua siswa untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut.

Article Details

How to Cite
Narpilla, S., Juliansyah, M., Noval, N., & Salsabila, N. (2024). Strategi Guru dalam Mengatasi Pengucilan Sosial Siswa di Lingkungan Kelas. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 4(2), 49-52. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/RMH/article/view/8706
Section
Articles