Analisis Program Literasi Sekolah: studi Kasus pada Implementasi program Wajib Baca di Perpustakaan Nurul Ilmi UPT SPF SD Inpres Perumnas

Main Article Content

Hasrawati Hasrawati
Iskandar Iskandar
Irvan Muliyadi

Abstract

Artikel ini membahas tentang analisis program wajib baca di perpustakaan      sekolah: studi kasus pada implementasi program wajib baca di perpustakaan Nurul Ilmi UPT SPF SD Inpres Perumnas. Adapun pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk Efektivitas Program Literasi Perpustakaan sekolah di perpustakaan Nurul Ilmi UPT SPF SD Inpres Perumanas makassar 2) Apa dampak program wajib baca perpustakaan sekolah terhadap pengembangan kebiasaan membaca di kalangan peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan penggambaran secara mendalam tentang objek yang diteliti. Adapun sumber data penelitian ini adalah pustakawan, guru dan peserta didik. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa implementasi program wajib baca di perpustakaan Nurul ilmi ditemukan beberapa bentuk efektifitas serta dampak terhadap pengembangan kebiasaan membaca dikalangan peserta didik yang diklaim sebagai hasil temuan peneliti, yaitu: 1) Efektivitas Program Wajib Baca dapat diukur melalui partisipasi dan keterlibatan Peserta didik dalam kegiatan membaca, peningkatan kemampuan literasi, minat dan kebiasaan membaca, pemanfaatan fasilitas perpustakan serta dukungan guru dan pustakawan program wajib baca (PROWABACA) tersebut telah berhasil meningkatkan efektifitas dan mengalami peningkatan yang signifikan dengan adanya program literasi tersebut. 2) program literasi Wajib Baca memberikan dampak yang signifikan terhadap perilaku dan kebiasaan Peserta didik, peningkatan prestasi akademik, pemanfaatan perpustakaan serta  kepercayaan diri dan kreativitas Peserta didik. Peserta didik menjadi lebih percaya diri dalam berbicara dan membaca, serta mampu mengekspresikan ide-ide kreatif mereka melalui tulisan, seni, atau diskusi. Implikasi pada penelitian ini adalah diharapkan penelitian mampu menjadi acuan atau masukan kepada perpustakaan Nurul Ilmi dan juga menambah wawasan pengelola perpustakaan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dalam memenuhi kebutuhan informasi pemustaka terkhusus dalam menjalankan program lietrasi wajib baca.

Article Details

How to Cite
Hasrawati, H., Iskandar, I., & Muliyadi, I. (2025). Analisis Program Literasi Sekolah: studi Kasus pada Implementasi program Wajib Baca di Perpustakaan Nurul Ilmi UPT SPF SD Inpres Perumnas. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 5(1). Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/RMH/article/view/8883
Section
Articles