Analisis Layanan Perpustakaan Digital Digilib Unibos dalam Meningkatkan Keterampilan Informasi Mahasiswa di Universitas Bosowa
Main Article Content
Abstract
Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana layanan perpustakaan digital Digilib Unibos dalam Meningkatkan keterampilan informasi mahasiswa di Universitas Bosowa? Pokok masalah tersebut selanjutnya di-breakdown ke dalam beberapa submasalah atau pertanyaan penelitian, yaitu: Bagaimana bentuk layanan perpsutakaan digital Digilib Unibos dalam Meningkatkan keterampilan mahasiswa di Universitas Bosowa?, Bagaimaana pemanfaatan layanan perpustakaan digital (DigiLib Unibos) terhadap peningkatan keterampilan informasi pemustaka di Universitas Bosowa? Jenis penelitian ini tergolong kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah: managerial dan pedagogis. Adapun sumber data penelitian ini adalah Kepala Perpustakaan atau Pustakawan dan Mahasiswa Univesitas Bosowa atau Pemustaka. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan penelusuran referensi. Lalu, teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pengaruh Terhadap Keterampilan Informasi Mahasiswa Penggunaan Digilib Unibos berperan penting dalam meningkatkan keterampilan informasi mahasiswa, seperti kemampuan dalam mencari, mengevaluasi, dan mengelola informasi. Walaupun demikian, beberapa mahasiswa masih merasa koleksi yang di sediakan aplikasi ini masih kurang lengkap; layanan perpustakaan digital Digilib Unibos memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk mengakses informasi. Namun, pemanfaatan platform ini masih minim karena kurangnya sosialisasi terkait aplikasi ini.