https://ummaspul.e-journal.id/Sublim/issue/feedSublim: Jurnal Pendidikan2024-11-13T09:11:15+00:00Elihamielihamid72@gmail.comOpen Journal Systems<p>Sublim: Jurnal Filsafat, Pendidikan Seni Budaya dan Pedagogy is a journal containing the results of research/non-research studies related to arts and arts education, including fine arts and performing arts (philosophy, cuture, dance, music, puppetry, and karawitan). Sublim: Jurnal Filsafat, Pendidikan Seni Budaya dan Pedagogy is published twice a year in April and October by Universitas Muhammadiyah Enrekang.E-ISSN 2985-5357.</p>https://ummaspul.e-journal.id/Sublim/article/view/8417Pengembangan Kompetensi Keahlian di Kelas X TKRO dan X TBSM: Studi Kasus di SMK Negeri 2 Wajo2024-09-08T04:49:36+00:00Hasan Senihasanseni77@guru.smk.belajar.id<p>Artikel ini membahas pengembangan kompetensi keahlian di Kelas X TKRO (Teknik Kendaraan Ringan Otomotif) dan X TBSM (Teknik dan Bisnis Sepeda Motor) di UPT SMK Negeri 2 Wajo. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis efektivitas implementasi Kurikulum 2013 dalam mengembangkan kompetensi keahlian siswa pada kedua jurusan tersebut. Kelas X OTO 1 (TKRO) terdiri dari 29 siswa, sedangkan Kelas X OTO 2 (TBSM) terdiri dari 24 siswa. Studi ini menggunakan metode studi kasus untuk mengevaluasi bagaimana kompetensi keahlian ini dikembangkan melalui pembelajaran berbasis praktik dan teori yang disesuaikan dengan standar industri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran yang digunakan telah berhasil meningkatkan keterampilan teknis siswa dalam bidang otomotif dan bisnis sepeda motor, meskipun terdapat tantangan dalam penyediaan fasilitas yang memadai dan peningkatan kualifikasi guru. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk peningkatan lebih lanjut dalam aspek kurikulum, fasilitas, dan pelatihan guru guna memastikan bahwa siswa lulus dengan kompetensi yang siap untuk memasuki dunia kerja. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pengembangan program keahlian di SMK lainnya, khususnya dalam bidang teknik otomotif.</p>2024-10-01T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ummaspul.e-journal.id/Sublim/article/view/8522Penerapan Bimbingan Kelompok dengan teknik Self Regulation Learning untuk Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa Kelas Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2023/20242024-10-28T01:10:58+00:00Nasyiwa RamadhiniRamadhini@gmail.comTetty MuharniMuharni@gmail.com<p>Permasalahan terkait kurangnya kesiapan belajar siswa yang sering terjadi disekolah. Siswa seringkali mengalami permasalahan dalam kesiapan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik <em>Self Regulation Learning</em> Untuk Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa Kelas X SMA Swasta Budi Agung Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi terdiri dari 2 kali pertemuan melalui pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X yang berjumlah 258 siswa SMA Swasta Budi Agung Medan, dan objek berjumlah 8 siswa yang berada pada kelas X Jendral Sudirman. Penggunaan instrumen dalam penelitian ini berupa pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan belajar pertemuan pertama sebelum berikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self regulation learning terdapat siswa masi kurang pada kesiapan belajarnya, seperti bercerita saat guru menerangkan bahkan masi ada siswa yang mengerjakan tugas rumah (pr) disekolah setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self regulation learning kepada siswa setelah pertemuan pertama dan kedua kesiapan belajar siswa sangat meningkat dengan terbuktinya dari hasil observasi dan wawancara berbeda hasil sebelum dan sesudah sehingga terlihat peningkatan dalam kesiapan belajar siswa. </p>2024-09-08T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ummaspul.e-journal.id/Sublim/article/view/8530Penerapan Konseling Individual dengan Menggunakan Teknik Self Talk untuk Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Siswa Kelas X SMA Budi Agung Medan2024-10-31T15:45:38+00:00Neni ApriliaAprilia@gmail.comDeliati DeliatiDeliati@gmail.com<p>Permasalahan dalam penelitian ini adalah adalah bagaimana penerapan konseling individual dengan menggunakan teknik Self Talk untuk mengurangi kecemasan berkomunikasi siswa kelas X SMA Budi Agung Medan. Objek dalam penelitian ini sebanyak 2 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil penelitian melalui observasi dan wawancara yang telah dilakukan menunjukkan bahwa masih ada siswa yang mengalami kecemasan berkomunikasi seperti gugup pada saat berbicara atau berinteraksi dengan orang lain dan tidak percaya kepada diri, setelah diberikan layanan konseling individual dengan teknik self talk kepada siswa kecemasan berkomunikasi siswa perlahan akan berkurang dan akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.</p>2024-09-08T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ummaspul.e-journal.id/Sublim/article/view/8564Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa2024-11-12T01:14:17+00:00Irfan FarhanFarhan@gmail.comJamila JamilaJamila@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan dalam belajar siswa melalui penerapan layanan bimbingan kelompok. penelitian ini dilakukan di UPTD SMP Negeri 6 pada tahun akademik 2024/2025. objek dalam penelitian ini berjumlah 7 siswa di kelas VIII yang menunjukkan tanda-tanda penurunan kedisiplinan dalam belajar dengan menggunakan teknik <em>proposive sampling</em>. Penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian ini diperoleh melalui empat kali pemberian layanan kepada siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa Kelas VIII UPTD di SMP Negeri 6 Kisaran telah menunjukkan keberhasilan dan peningkatan, sehingga siswa lebih disiplin dan lebih bertanggung jawab terhadap dirinya dan sekuruh tugas yang diberikan oleh guru.</p>2024-09-08T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ummaspul.e-journal.id/Sublim/article/view/8565Penerapan Cognitive Behavioral Theraphy untuk Meningkatkan Kecerdasan Penggunaan Gadget di Kalangan Remaja pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Dharma Patra Rantau2024-11-13T09:11:15+00:00Alam Jamaaluka TentuaTentua@gmail.comAsbi AsbiAsbi@gmail.com<p>Penelitian ini mengevaluasi penerapan <em>Cognitive Behavioral Therapy</em> (CBT) untuk meningkatkan kecerdasan penggunaan <em>gadget</em> pada siswa kelas VII SMP Swasta Dharma Patra Rantau. Latar belakang penelitian ini adalah tingginya penggunaan <em>gadget</em>, khususnya <em>game online</em>, yang berdampak negatif pada prestasi akademik dan produktifitas siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian kualitatif dengan Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, melibatkan tiga siswa yang mengalami kecanduan <em>gadget</em> dengan fokus <em>game online</em>. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CBT secara signifikan mengurangi durasi bermain <em>game online</em>, meningkatkan kesadaran siswa terhadap dampak negatif kecanduan <em>gadget</em>, serta membantu mereka mengatur waktu antara bermain dan belajar. CBT juga mendorong peningkatan kontrol diri dan pemanfaatan gadget untuk keperluan pendidikan. Kesimpulannya, CBT efektif dalam meningkatkan kecerdasan penggunaan <em>gadget</em> pada siswa.</p>2024-09-08T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##