The effectiveness of using Blooket on improving the learning motivation of science students in grade 8 at MTs Negeri 1 Sidenreng Rappang
Main Article Content
Abstract
Blooket, yang dilafalkan sebagai ‘blu-kit’, merupakan salah satu platform pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Platform ini dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran daring dan diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Blooket terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas VIII di MTs Negeri 1 Sidenreng Rappang. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Sidenreng Rappang yang berjumlah 238 orang. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling dan terpilih sebanyak 31 siswa dari kelas VIII.A. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk pilihan ganda dan kuesioner untuk mengukur motivasi belajar siswa, mencakup aspek ketuntasan belajar dan ketepatan waktu dalam memahami materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan Blooket terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji paired sample t-test antara data pretest dan posttest motivasi belajar siswa yang menunjukkan nilai signifikansi. Nilai rata-rata motivasi belajar setelah perlakuan (Mx = 88,86) lebih tinggi dibandingkan sebelum perlakuan (My = 48,95). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Blooket efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa IPA kelas VIII di MTs Negeri 1 Sidenreng Rappang.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright and License
NC: The work may only be used for non-commercial purposes.
SA: Any adaptations must be shared under the same license.