Validation of Educational Robotic-Based Circular Motion Kinematics Learning Module to Improve Critical Thinking Skills with a Guided Inquiry Model for High School Students in Class XI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan memvalidasi modul pembelajaran berbasis educational robotic pada materi kinematika gerak melingkar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas XI. Pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE yang difokuskan hingga tahap pengembangan. Modul dirancang berdasarkan analisis kebutuhan siswa, analisis kurikulum merdeka, serta integrasi media robotik dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Kegiatan pembelajaran dalam modul disusun berdasarkan sintaks inkuiri terbimbing dan melibatkan aktivitas eksperimen langsung dengan robot edukasi. Subjek penelitian meliputi guru fisika, ahli materi, dan ahli media. Data dikumpulkan melalui wawancara, diskusi kelompok terfokus (FGD), serta angket validasi. Instrumen validasi terdiri dari 26 butir untuk ahli materi dan 20 butir untuk ahli media. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul memperoleh skor validasi sebesar 88,96% dari ahli materi 1, 91,35% dari ahli materi 2, dan 91,25% dari ahli media, yang semuanya berada dalam kategori “sangat valid”. Dengan demikian, modul pembelajaran ini dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran fisika di sekolah. Modul ini juga diharapkan mampu memfasilitasi pembelajaran yang bermakna dan kontekstual, serta membantu siswa menguasai konsep gerak melingkar secara konkret melalui aktivitas robotik yang interaktif.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
Ramadhoniarti, I., Kurniawan, W., Lestari, N., & Falah, H. S. (2025). Validation of Educational Robotic-Based Circular Motion Kinematics Learning Module to Improve Critical Thinking Skills with a Guided Inquiry Model for High School Students in Class XI. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 9(2), 317-323. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/8924
Section
Articles
Copyright and License
The author(s) retain the publishing rights and full copyright of the articles published in Edumaspul: Jurnal Pendidikan are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. These articles are released under the Creative Commons Attribution-Noncommercial-ShareAlike 4.0 International License. This license permits users to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format for non-commercial purposes, provided that proper credit is given to the original creator. Any modified or derivative works must be shared under the same terms. The CC BY-NC-SA license consists of the following components:
BY: Attribution must be given to the original author.
NC: The work may only be used for non-commercial purposes.
SA: Any adaptations must be shared under the same license.
NC: The work may only be used for non-commercial purposes.
SA: Any adaptations must be shared under the same license.