Validation of Educational Robotic-Based Circular Motion Kinematics Learning Module to Improve Critical Thinking Skills with a Guided Inquiry Model for High School Students in Class XI

Main Article Content

Isnaini Ramadhoniarti
Wawan Kurniawan
Neneng Lestari
Hebat Shidow Falah

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan memvalidasi modul pembelajaran berbasis educational robotic pada materi kinematika gerak melingkar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas XI. Pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE yang difokuskan hingga tahap pengembangan. Modul dirancang berdasarkan analisis kebutuhan siswa, analisis kurikulum merdeka, serta integrasi media robotik dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Kegiatan pembelajaran dalam modul disusun berdasarkan sintaks inkuiri terbimbing dan melibatkan aktivitas eksperimen langsung dengan robot edukasi. Subjek penelitian meliputi guru fisika, ahli materi, dan ahli media. Data dikumpulkan melalui wawancara, diskusi kelompok terfokus (FGD), serta angket validasi. Instrumen validasi terdiri dari 26 butir untuk ahli materi dan 20 butir untuk ahli media. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul memperoleh skor validasi sebesar 88,96% dari ahli materi 1, 91,35% dari ahli materi 2, dan 91,25% dari ahli media, yang semuanya berada dalam kategori “sangat valid”. Dengan demikian, modul pembelajaran ini dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran fisika di sekolah. Modul ini juga diharapkan mampu memfasilitasi pembelajaran yang bermakna dan kontekstual, serta membantu siswa menguasai konsep gerak melingkar secara konkret melalui aktivitas robotik yang interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ramadhoniarti, I., Kurniawan, W., Lestari, N., & Falah, H. S. (2025). Validation of Educational Robotic-Based Circular Motion Kinematics Learning Module to Improve Critical Thinking Skills with a Guided Inquiry Model for High School Students in Class XI. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 9(2), 317-323. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/8924
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.