Pembinaan Lembaga PAUD menuju lembaga Terakreditasi di Kabupaten Enrekang

Main Article Content

Ismaya Ismaya
Fitriyanti Sulaiman
Dian Firdiani
Ushwa Dwi Masrurah AB
Elihami Elihami

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masayarakat ini kami buat sebagai salah satu upaya untuk mendampingi lembaga PAUD yang ada di Kabupaten Enrekang agar layak mengajukan akreditasi. Beberapa lembaga di Kabupaten Enrekang belum mengajukan akreditasi dengan beberapa alasan: (1) Pendidik masih awam tentang penggunaan teknologi terkait upload dokumen di sispena, (2) Pendidik mengalami kebingungan terkait dengan penyediaan jenis- jenis dokumen setiap butir akreditasi, (3) Ketidakpahaman pendidik terhadap format dokumen untuk setiap butir akreditasi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di tiga (3) lembaga yang tergabung sebagai lembaga binaan yayasan Gugah Nurani Indonesia (GNI) Kabupaten Enrekang, yaitu (1) TK Ranga Sipatokkon Dusun Lembong Desa Ranga, (2) KB Erlangga Dusun Ranga Desa Ranga, (3) TK PGRI Bagean Desa Lembang. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu tingkat ketercapaian lembaga PAUD untuk menuju lembaga terakreditasi. Hasil yang dicapai yaitu: persamaan persepsi tentang akreditasi, dokumen 8 standar siap diupload di Sispena, lembaga telah mengajukan akrditasi.

Article Details

How to Cite
Ismaya, I., Sulaiman, F., Firdiani, D., Masrurah AB, U. D., & Elihami, E. (2021). Pembinaan Lembaga PAUD menuju lembaga Terakreditasi di Kabupaten Enrekang. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 3(2), 1-9. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/2340
Section
Articles

References

Akbar, M. F., Jaya, F. H., & Duwikola, R. (2020,November). Pendampingan Persiapan Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Non Formal Pada Taman Kanak-Kakak Tunas Cedikia Gedong Tataan Pesawaran Lampung. Pada Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat.
Aminah, S., & Amiliya, R. (2021). Analisis Kesiapan dan Kesulitan Lembaga PAUD dalam Menghadapi Akreditasi Melalui Pendampingan Akreditasi BAN PAUD di TK Islam Al-Madinah Kota Dumai. Al Abyadh, 4(1), 1-15.
Aminullah, A. M., Ismaya, I., Syahdan, S., Ridwan, M. M., Jamaluddin, N., Elihami, E., & Musdalifah, M. (2021). Pengembangan Koleksi Digital dalam Membangun Perpustakaan Digital di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 58-68.
Ismaya, I., Ridwan, M. M., Syahdan, S., Aminullah, A. M., Jamaluddin, N., & Elihami, E. (2020). Etika Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Enrekang. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(2), 100-109.
Nuryanto, S., & Irmade, O. (2019). Pendampingan Akreditasi Lembaga Paud di IGTKI Wonosegoro. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP), 2(02), 86-93.
Syahdan, S., Ridwan, M. M., Ismaya, I., Aminullah, A. M., & Elihami, E. (2021). Analisis Penerapan Sistem Klasifikasi Ddc Dalam Pengolahan Pustaka. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(1), 63-80.
Syahdan, S., Ridwan, M. M., Ismaya, I., Aminullah, A. M., & Elihami, E. (2021). Peranan Perpustakaan dalam Mendukung Proses Pembelajaran Siswa Madrasah Aliyah Ma’had Manailil Ulum Pondok Pesantren Guppi Samata. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 1(2), 48-65.
Yudiawan, A. (2019). Pengaruh Sosialisasi dan Pendampingan Program Akreditasi terhadap Motivasi Akreditasi Pengelola PAUD di Provinsi Papua Barat. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 132-136.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.