Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang

Main Article Content

Ismail Ismail
https://orcid.org/0000-0003-3859-5719
Elihami Elihami

Abstract

Menulis merupakan kegiatan seseorang yang mengekspresikan gagasan dan/atau pemikirannya secara tertulis. Berdasarkan analisis awal pada September 2018 terhadap mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Inggris Semester 5 dan 7 di STKIP Muhammadiyah Enrekang ditemukan beberapa permasalahan yang terekam, antara lain: (1) Wawasan peserta tentang metodologi penelitian masih kurang; (2) Penguasaan teori-teori yang digunakan dalam penelitian sangat minim; (3) Kemampuan mereka dalam mengakses informasi karya ilmiah yang bersumber dari internet masih minim. (4) Kaidah ilmiah yang digunakan dalam menulis masih rendah; (6) masih banyak ditemukan copy paste.


Oleh karena itu, perlu adanya pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi mahasiswa.  Target luaran dari pengabdian masyarakat ini adalah meningkatnya pemahaman mahasiswa tentang jenis-jenis karya ilmiah kaidah menulis karya ilmiah, dan menulis artikel secara profesional sesuai dengan pedoman artikel publikasi dalam jurnal. Luaran dari program pendampingan ini adalah artikel ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa dapat diajukan untuk dipublikasikan pada jurnal kampus ataupun jurnal lainnya.


Khalayak sasaran dari program pendampingan ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Muhammadiyah Enrekang. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang Mahasiswa yang berasal dari semester 5 dan 7. Metode kegiatan yang dilaksanakan guna menyelesaikan permasalahan mitra adalah dengan Pendekatan individual digunakan pada saat peserta pendampingan menulis artikel ilmiah yakni dengan metode workshop dan clinic.


Pelaksanaan IbM untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Muhammadiyah Enrekang dapat disimpulkan berhasil sampai tahap pelatihan penulisan karya ilmiah. Keberhasilan ini ditunjukkan oleh adanya respon yang positif dari peserta mengingat kegiatan pengabdian merupakan kebutuhan mahasiswa dalam rangka peningkatan kemampuan ilmiahnya. Keberhasilan ini juga ditunjukkan dengan dihasilkannya 10 naskah artikel yang sudah disesuaikan dengan template jurnal.

Article Details

Section
Articles