Pelatihan dan Pengajaran Baca Tulis Al-Qur’an Pada TK-TPA At-Taqwa dalam Mengatasi Buta Aksara Qur’an di Kelurahan Kambiolangi

Main Article Content

Ismail Ismail
https://orcid.org/0000-0003-3859-5719

Abstract

Program pengabdian yang dilaksanakan pada TK-TPA al-Qur’an At-Taqwa Kelurahan Kambiolangi Kecamatan Alla bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi jumlah santri di kelurahan Kambiolangi kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. (2) Mengetahui efektifitas metode IQRO dalam memberantas buta aksara Al-Qur’an pada santri TK-TPA At-Taqa di kelurahan Kambiolangi kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. (3) Sebagai wujud kepedulian tim pengabdi sebagai masyarakat dan dosen dalam melaksanakan Tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Pendekatan yang dilakukan pada kegiatan PKM ini adalah pendekatan langsung, yaitu langsung dibaca tanpa dieja, langsung berhadapan atau tatap meliputi Pembelajaran aktif; Sistematis; Tematis, Fleksibel, Asistensi, Bimbingan kerohanian, Bimbingan keterampilan. Dari hasil pengabdian dan pembahasan, diperoleh simpulan bahwa (1) Masih tingginya jumlah angka buta aksara Al-Qur’an pada anak-anak di kelurahan kambiolangi kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. (2) Faktor penyebab dari tingginya jumlah angka buta aksara pada anak-anak tersebut adalah lebih kepada faktor intern atau pribadi saja yaitu kurangnya minat dan motivasi untuk terus belajar Al-Qur’an. (3) Metode IQRO merupakan metode yang dianggap efektif digunakan dalam rangka memberantas buta aksara Al-Qur’an pada anak-anak. Dalam PKM ini. Santri mampu menghafal surah pendek, praktek shalat, adzan, dan memberikan wawasan kepada santri agar dapat memahami pendidikan Islam secara baik.

Article Details

Section
Articles