Pelatihan dan Pengajaran Baca Alqur’an Majelis Taklim Hidayat Moncongloe Mas Maros

Main Article Content

Riskal Fitri
Herlinah B
Musbaing Musbaing

Abstract

Pengabdian yang dilaksanakan pada Majelis Taklim Hidayat Moncongloe Mas Kelurahan Moncongloe Kab. Maros bertujuan untuk (1) Meningkatkan kemampuan membaca Al’Quran pada Majelis Taklim Hidayat Moncongloe Mas. (3) Sebagai wujud kepedulian tim pengabdi sebagai masyarakat dan dosen dalam melaksanakan Tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Pendekatan yang dilakukan pada kegiatan PKM ini adalah pendekatan langsung, yaitu dibaca tanpa dieja, berhadapan atau tatap muka meliputi Pembelajaran aktif; Sistematis; Tematis, Fleksibel, Asistensi, dan Bimbingan keagamaan. Dari hasil pengabdian dan pembahasan, diperoleh simpulan bahwa (1) Masih tingginya jumlah angka ibu majelis taklim Hidayat Moncongloe Mas belum bisa membaca Al’Quran dengan fasih . (2) Faktor penyebab dari tingginya jumlah angka buta aksara pada majelis taklim tersebut adalah lebih kepada faktor intern atau pribadi saja yaitu kurangnya minat dan motivasi untuk terus belajar Al-Qur’an. (3) Metode IQRO merupakan metode yang dianggap efektif digunakan dalam rangka memberantas buta aksara Al-Qur’an pada Ibu Majelis taklim. Dalam PKM ini. Majelis Taklim mampu membaca Iqro dan Al Qur’an dengan fasih dan mampu memahami makna dan kandungan Al’Quran yang telah dipelajari.

Article Details

How to Cite
Fitri, R., B, H., & Musbaing, M. (2021). Pelatihan dan Pengajaran Baca Alqur’an Majelis Taklim Hidayat Moncongloe Mas Maros. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 3(2), 15-20. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/3083
Section
Articles

References

Abdul Majid Khon. 2017. Praktik Qira’at Membaca Al Qur’an ‘Ashim dan Hafash, Jakarta:
Amzah
Kustini. 2016. Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pendalaman Ajaran Agama
Melalui Majlis Taklim, Rineka Cipta
Masjud Syafi’i. 2014. Pelajaran Tajwid, Bandung: Putra Jaya.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.