Penguatan Semangat dan Komitmen dalam Bermuhammadiyah Melalui Baitul Arqam Pimpinan Cabang dan Ranting Muhammadiyah Zona V (Malua, Matarin, Buntu Lamba, Baraka, Bontongan, Banti)

Main Article Content

Achmad Dahlan Muchtar
Aisyah Suryani
Muh. Husain Kamaruddin
Elihami Elihami
Yanti Al Hafriwidya
Murni Murni

Abstract

Kaderisasi Muhammadiyah merupakan salah satu bagian inti dalam dinamika perjalanan organisasi yang didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan. Baitul Arqam merupakan salah satu jenjang pengkaderan dalam Muhammadiyah untuk melahirkan kader yang militan. Baitul Arqom merupakan modifikasi atau penyederhanaan dari Darul Arqam dan diselenggarakan untuk tingkat Pimpinan Daerah, Cabang, Ranting serta AUM. Tujuan kegiatan Baitul Arqam adalah untuk meningkatkan pemahaman keislaman, menciptakan kesamaan dan kesatuan sikap, integritas, wawasan dan cara berpikir di kalangan anggota persyarikatan dalam melaksanakan misi Muhammadiyah. Sedangkan Kabupaten Enrekang adalah salah satu kabupaten yang berada di Sulawesi Selatan yang merupakan salah satu kabupaten yang memiliki simpatisan Muhammadiyah paling tinggi. Terbukti dengan tersebarnya pimpinan Cabang dan ranting disetiap kecamatan dan masing-masing kecamatan memiliki Amal Usaha seperti PAUD, TK, MI, MTS dan Aliyah. metode yang digunakan dalam program ini adalah metode campuran yaitu bimbingan teknis melalui penyampaian materi, wokshop, dokumentasi dan angket (google form) yang telah disusun oleh tim pelaksana Baitul Arqam atau biasa disebut dengan Tim Instruktur. Hasil dari program Baitul Arqam tersebut didapati beberapa peserta masih perlu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, Peserta Baitul Arqam masih perlu meningkatkan pemahaman tentang Ibadah Praktis sesuai dengan keputusan/tuntunan Tarjih Muhammadiyah, Peserta Baitul Arqam harus selalu bersinergi untuk memajukan persyarikatan Muhammadiyah dan juga Amal Usaha Muhammadiyah (AUM). Oleh karenanya, Pimpinan Cabang dan Ranting perlu membuat kegiatan Follow up berupa kajian-kajian.

Article Details

How to Cite
Muchtar, A. D., Suryani, A., Kamaruddin, M. H., Elihami, E., Al Hafriwidya, Y., & Murni, M. (2022). Penguatan Semangat dan Komitmen dalam Bermuhammadiyah Melalui Baitul Arqam Pimpinan Cabang dan Ranting Muhammadiyah Zona V (Malua, Matarin, Buntu Lamba, Baraka, Bontongan, Banti). MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 4(1), 72-83. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/3988
Section
Articles

References

PP Muhammadiyah. 2003. Pedoman Hidup Islami Wrga Muhammadiyah. Suara Muhammadiyah. Yogyakarta.
Majelis Pendidikan Kader PPM. 2017. Pedoman Pelaksanaan Perkaderan Muhammadiyah. MPK PPM. Yogyakarta.
Majelis Pendidikan Kader dan Majelis Diktilitbang PPM. 2017. Pedoman Perkaderan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah. MPK dan Majelis Diktilitbang PPM. Yogyakarta
Markus, Sudibyo, dkk. 2009. Masyarakat Islam yang Sebenar-benarnya. Jakarta: Civil Islamic Institute

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.