Pelatihan Konselor Sebaya untuk Merubah Perilaku Anak Maladaftif di Sekolah
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membentuk kelompok konselor sebaya di di sekolah di kelurahan kambiolangi untuk merubah perilaku anak maladaftif dimana anak tidak mampu menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan keadaan sekelilingnya secara wajar, dan tidak mampu beradaptasi sesuai dengan tahapan perkembangan usianya, dan juga mereka mampu memecahkan masalah melalui kegiatan konseling pelatihan konselor sebaya.
Pelaksanakan kegiatan pelatihan konselor sebaya dilaksanakan dengan menggunakan metode pelatihan, dimana kegiatan tersebut dilaksanakan melalui Pemberian Informasi, Role Play, diskusi kelompok. Hasil kegiatan pelatihan yaitu: meningkatkan pengetahuan terhadap anak tentang bimbingan dan konseling melalui kegiatan konseling sebaya, memberikan perhatian terhadap anak yang mengalami maladaftif dengan melakukan kegiatan positif dalam bimbingan konseling dilingkungan mereka tinggal, memberikan nilai tambah dalam bidang pengetahuan dan keterampilan untuk Untuk anak dalam hal menyelesaikan masalah yang muncul.
Article Details
References
Mardiana, Annisa Rizka. 2012. Studi Tentang Persepsi Siswa Pada Layanan Bimbingan Dan Konseling Dismk Se-Kecamatan Sukomanunggal Surabaya. Jurnal BK UNESA, Volume 3 Nomer 1,72-8072
Wahyudin. 2013. Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dengan Minat untuk Melakukan Konseling di Sekolah SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta