KEGIATAN MAPPUASAKI DI KABUPATEN ENREKANG

Main Article Content

Suherman Suherman
Elihami Elihami
Rahmat Rahmat
Suparman Suparman

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertajuk Mappuasaki (Massenrempulu Berpuasa) ini merupakan kegiatan yang tergolong ke dalam kategori “gerakan kultural”. Tim pengabdian dalam kegiatan ini menggunakan metode partisipatif, yakni terjun langsung dalam proses kegiatan dan mengajak beberapa kelompok masyarakat dan komunitas-komunitas yang aktif di Enrekang untuk berkolaborasi dalam kegiatan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) pekan, yakni tanggal 13 – 26 mei 2019.Dimulai dari pukul 15.00 Wita – selesai (malam). Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini menunjukkan bahwa kegiatan semacam ini perlu dilakukan secara berkala khususnya di Bumi Massenrempulukarena syarat akan nilai-nilai positif. Terlebih karena masyarakat Massenrempulu secara umum boleh dikata sangat haus akan nuansa estetik. Kegiatan ini juga meningkatkan pengetahuan dan daya apresiasi masyarakat Massenrempulu terkait kesenian dan kebudayaan, serta meningkatkan kemampuan berekspresi dan berkreasi dalam rangka menjaga dan melestarika kesenian dan kebudayaan di Bumi Massenrempulu itu sendiri.


 

Article Details

How to Cite
Suherman, S., Elihami, E., Rahmat, R., & Suparman, S. (2020). KEGIATAN MAPPUASAKI DI KABUPATEN ENREKANG. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 2(1), 1-15. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/417
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.