Pelatihan Pembuatan Susu Jagung pada Ibu Rumah Tangga dan Remaja Putri di Desa Anabanua

Main Article Content

Hartati Hartati
Yusrianti Yusrianti
Nadirah Nadirah

Abstract

Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga dan Remaja Putri di Desa Anabanua Kabupaten Barru Melalui Pelatihan Pembuatan Susu Jagu.Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui gambaran pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pembuatan susu jagung  di Desa Anabanua Kabupaten Barru; (2)mengetahui efektifitas pelatihan pembuatan susu jagung di Desa Anabanua Kabupaten Barru. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan bentuk One Group pretest-posttest design. Subyek penelitian  berjumlah 30 orang dimana 15 ibu-ibu rumah tangga dan 15 remaja putri. Pengumpulan data melalui metode dokumentasi, observasi dan tes yang dianalisis dengan teknik statistik infrensial dengan menggunakan program SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga dan remaja putri melalui pelatihan pembuatan susu jagung sudah berjalan dengan baik. Baik dari segi perkenalan jenis bahan dan alat, persiapan bahan dan alat, proses pembuatan susu jagung sampai tahap pengemasan, dengan adanya pelatihan pembuatan susu jagung. Efektifitas ibu-ibu rumah tangga dan remaja putri dinyatakan berdasarkan hasil observasi  sebelum pelatihan berada pada kategori sangat tidak terampil dan setelah melakukan observasi kedua responden berada kategori sangat terampil . Dan berdasarkan hasil analisis deskrifsi sebelum pelatihan memperoleh nilai rata-rata pengetahuan = 10,45%, dan setelah pelatihan memperoleh nilai rata-rata pengetahuan = 24,80%,.

Article Details

How to Cite
Hartati, H., Yusrianti, Y., & Nadirah, N. (2022). Pelatihan Pembuatan Susu Jagung pada Ibu Rumah Tangga dan Remaja Putri di Desa Anabanua. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 4(2), 146-157. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/4221
Section
Articles

References

Daryanto, S. (1988). Kamus lengkap bahasa indonesia. Apollo.
Jucius, M. J. (2009). Empowering people. kanisius.
Kamil, M. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Alfabeta.
Nawawi, H. (1997). ManajemenSumberDayaManusia. Ghalia,Indonesia.
Rusmiyati, C. (2011). PemberdayaanRemajaPutusSekolah. B2P3KS PRESS.
Sikula. (2000). ManajemenSumberDayaManusia. Erlangga.
Sunit Agus. (2001). Tiga Pilar Pengembangan Wilayah: Sumber daya Alam, Sumber daya Manusiadan Teknologi.
Suparjan & Hempri. (2003). Pengembangan Masyarakat dari Pembangunan sampai Pemberdayaan. Aditya Media.
Teguh, A. (2004). Kemitraandan Model-Model Pemberdayaan. Graha Ilmu.
Totok dan Poerwoko Soebiato. (2012). PemberdayaanMasyarakatdalamPerspektifKebijakanPublik. Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.