Penyuluhan Stunting Terhadap Ibu-Ibu PKK di Kelurahan Tangkerang Timur

Main Article Content

Heri Masjudi
Riki Ramadani
Susan Safutri
Tyara Octavia
Nida Nafisah
Malika Aprilya Putri
Putri Annisa Muzdalifah
Fidela Raissa Widyadhana
Hanif Ahmad Iqbal
Hamzah Alfandi
Sawaluddin Sawaluddin

Abstract

Stunting merupakan kondisi dimana anak akan memiliki tinggi badan yang relatif lebih pendek jika dibandingkan dengan anak seusianya. Stunting merupakan masalah gizi dunia bahkan juga merupakan masalah gizi utama di Indonesia dengan prevalensi sebesar 24,4% menurut hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada tahun 2021. Stunting dapat berdampak terhadap kemampuan motorik pada anak, mempengaruhi tumbuh kembangnya serta peningkatan penyakit degeneratif. Anak yang terkena stunting mempunyai peluang sebesar 11,98 kali untuk memiliki perkembangan motorik dan kognitif di bawah rata-rata. Sebagian besar masyarakat awam masih memiliki pemahaman yang kurang mengenai dampak stunting terhadap kemampuan motorik dan kognitif pada anak dan sering kali beranggapan bahwa stunting bukanlah masalah serius yang perlu dikhawatirkan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat seputar stunting serta mengembangkan peran serta masyarakat dalam pencegahan stunting sehingga angka penderitanya dapat ditekan. Metode yang dilakukan adalah metode ceramah dan pemaparan materi oleh anggota KUKERTA guna menambah pengetahuan mengenai permasalahan stunting yang dilakukan di lingkungan Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru. Pengetahuan dari responden akan diukur dengan menggunakan acuan berupa pre-test sebelum kegiatan dimulai dan post-test setelah pemaparan materi selesai. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test yang diikuti oleh 44 responden, dapat dinyatakan bahwa dari hasil pre-test terdapat sebanyak 23 orang responden mengerti mengenai permasalahan stunting, sedangkan dari hasil post-test terdapat sebanyak 36 responden mengerti mengenai permasalahan stunting.


 

Article Details

How to Cite
Masjudi, H., Ramadani, R., Safutri, S., Octavia, T., Nafisah, N., Putri, M. A., Muzdalifah, P. A., Widyadhana, F. R., Iqbal, H. A., Alfandi, H., & Sawaluddin, S. (2022). Penyuluhan Stunting Terhadap Ibu-Ibu PKK di Kelurahan Tangkerang Timur. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 4(2), 2015-220. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/4252
Section
Articles

References

Adriani, M dan Wirjatmadi, B. 2016. Peranan Gizi Dalam Siklus Kehidupan. Prenada Media, Jakarta.
Intarti, W.D dan Savitri, N.P.H. 2014. Pengaruh tinggi badan terhadap kecerdasan kognitif murid TK Al-Mujahidin Cilacap. Bidan Prada : Jurnal Ilmiah Kebidanan. 1(5) : 63-76.

Kuswanti, I dan Azzahra, S.K. 2020. Hubungan pengetahuan ibu tentang pemenuhan gizi seimbang dengan perilaku pencegahan stunting pada balita. Jurnal Kebidanan Indonesia.
1(13) : 15-22.
Rahmadhita, K. 2020. Permasalahan stunting dan pencegahannya. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada. 1(11) : 225-229.
RISKESDAS. 2010. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar. Departemen kesehatan RI, Jakarta.
Rosmalina, Y., Lucuasari, E., Aditianti dan Ernawita, F. 2018. Upaya pencegahan dan penanggulangan batita stunting : systematic review. Journal of the Indonesian Nutrition Association. 1(41) : 1-14.
World Health Organization. 2017. Childhood stunting : challenges and opportunities. Report of a Promoting Healthy Growth and Preventing Childhood Stunting Colloquium. WHO Geneva, 34.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.