Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Muara Lembu Melalui Pembagian dan Penanaman Bibit Tanaman Murbei

Main Article Content

Chindy Ameilia Putri Tuharea
Rezkya Sri Lestari Gimri
Amira Izatul Iza
Zhafira Gemi Regina
Rury Prafita
Salsabila Irianti
Delvani Fikri
Sanggam Hot Raja Rizky Hutasoit
Fandhy Maulana Fadlillah
Asraf Octaviari

Abstract

Pemberdayaan Masyarakat dilakukan untuk mengembangkan kemandirian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan keterampilan dan kemampuan masyarakat dalam mengelola sumber daya yang ada dikawasan Kelurahan. Tujuan pemberdayaan masyarakat melalui pembagian bibit ini adalah untuk mengembangkan sumber daya dan meningkatkan taraf hidup masyarakat masyarakat setempat agar lebih baik lagi.  Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian yang dilakukan meliputi dua tahapan yaitu persiapan dan pelaksanaan. Kegiatan persiapan meliputi observasi lapangan mengenai lokasi dan kebutuhan sarana dan prasarana. Kegiatan pelaksanaan yaitu dengan sosialisasi, pembagian dan penanaman bibit tanaman. Kemudian kegiatan diakhiri dengan evaluasi yang dilakukaan setelah selesainya kegiatan untuk memastikan keberlanjutan kegiatan. Hasil dari kegiatan ini adalah adanya pembagian bibit kepada warga dan penanaman bibit murbei dibeberapa titik lokasi penting di Kelurahan Muara Lembu. Selain itu, masyarakat dapat mengetahui manfaat dan kandungan nutrisi dari tanaman Murbei yang dapat menjadi obat untuk menyehatkan tubuh serta dapat diolah menjadi cemilan.

Article Details

How to Cite
Tuharea, C. A. P., Gimri, R. S. L., Iza, A. I., Regina, Z. G., Prafita, R., Irianti, S., Fikri, D., Hutasoit, S. H. R. R., Fadlillah, F. M., & Octaviari, A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Muara Lembu Melalui Pembagian dan Penanaman Bibit Tanaman Murbei. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 4(2), 230-235. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/4254
Section
Articles

References

Info Teknis Eboni Vol. 12, no. 2 (2015): 111–119.
Perwitasari, Fitri Dian, Arie Suetio Utami, Johan, Aan Kunaedi, and M. Nana Trisolvena. “Assistance of Mulberry (Morus Alba, Sp.) Cultivation in the Griya Caraka Resident.” Community Empowerment Vol. 7, no. 6 (2022): 1045–1052.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.