Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sosialisasi Pemanfaatan Sampah Organik untuk Pakan Ayam di Desa Pinang Sebatang Timur

Main Article Content

Fitri Humairoh
Jannatul Azzahra
Nailur Rahmi
Olivia H
Putri Annisa
Muhammad Fajri
Muhdi Azhar
Aditya Meilandro Frima
Luhlu Aprilia Helmi
Yolanda Pratama Putri
Muhammad Afdal Syafikri

Abstract

Tim kukerta mahasiswa Universitas Riau melakukan sosialisasi pemberdayaan masyarakat yakni pemanfaatan sampah organik dan sampah rumah tangga menjadi pakan ayam. Dalam upaya pencapaian tujuan dari kegiatan ini, tim pengabdian mahasiswa Universitas Riau menyelenggarakan kegiatan Loka Karya di aula Kantor Desa Pinang Sebatang Timur dengan melibatkan Penghulu Kampung (kepala desa) bersama perangkat-perangkatnya serta masyarakat di Desa Pinang Sebatang Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan praktik dalam pembuatan pakan ayam dengan memanfaatkan sampah agar tumpukan sampah yang awalnya tidak berguna menjadi sesuatu yang bernilai dan bermanfaat. Metode kegiatan ini dilaksanakan dengan metode deskriptif. Pembuatan pakan ayam dari sampah organik dan sampah rumah tangga ini merupakan salah satu alternatif bagi masyarakat khususnya para peternak ayam di tengah melonjaknya harga pakan ayam pada saat ini serta dapat dijadikan sebagai peluang usaha bagi masyarakat Desa Pinang Sebatang Timur. Adapun hasil dari kegiatan ini adalah memberdayakan masyarakat denganteori (ilmu pengetahuan) dan praktik dalam proses pembuatan pakan ayam dari olahan sampah organik. Kegiatan ini dilakukan dengan harapan masyarakat mampu mengelola dan memanfaatkkan sampah-sampah organik di lingkungan sekitar agar dapat mengurangi populasi sampah yang mencemari lingkungan Desa Pinang Sebatang Timur.

Article Details

How to Cite
Humairoh, F., Azzahra, J., Rahmi, N., H, O., Annisa, P., Fajri, M., Azhar, M., Frima, A. M., Helmi, L. A., Putri, Y. P., & Syafikri, M. A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sosialisasi Pemanfaatan Sampah Organik untuk Pakan Ayam di Desa Pinang Sebatang Timur. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 4(2), 236-248. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/4256
Section
Articles

References

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru. Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru Tahun 2018; Pekanbaru, 2019. 1-183.
Habibi, Lafran (2008).Pembuatan Pupuk Kompos dari Limbah Rumah Tangga. Cetakan 1. Bandung: Penerbit Titian Ilmu.
Hendri W, Sari RT, Har E, Gusmaweti G, Azrita A, Deswati L, Muhar N, Yuselmi R, Nuriadilla N, Khoirirafika K. Pengolahan Limbah Organik dan Anorganik Sebagai Transmode Upaya Peningkatan Kreativitas Masyarakat Pantai Gondariah Pariaman. JCES (Journal of Character Education Society). 2018 Jul 30;1(2):44-9.
Puspa. 2017. Life Cycle Inventory untuk Pengelolaan Sampah yang Berkelanjutan di Kota Pekanbaru. J Planol Unpas 4(3):19-26.
Supartini N, Darmawan H.PENGOLAHAN DAN DAYA TAHAN LIMBAH PASAR SEBAGAI BAHAN PAKAN AYAM. BUANA SAINS. 2018 Jul 3;18(1):51-6.
Nunik Ekawandani dan Arini Anzi Kusuma. 2018. Pengomposan Sampah Organik (Kubis dan Kulit Pisang) dengan Menggunakan EM4. TEDC 12(1):38-46.
Murbandono, L. 2008. Membuat Kompos. Jakarta: Penebar Swadaya.
Widarti, B.N., Wardhini, W.K., Sarwono, E. 2015. Pengaruh Rasio C/N Bahan Baku pada Pembuatan Kompos dari Kubis dan Kulit Pisang. Jurnal Integrasi Proses 5(2):75-80.
Yustina dan S. Purnomo. 2004. Model Pengelolaan Sampah untuk dijadikan PUPUK Organik “BOKASHI” Laporan Pusat Pendidikan dan Pelayanan pada Masyarakat. Percontohan Kota Sehat Kota Pekanbaru. Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Riau.
Yustina, Syapsan, Silvia Reni Yanti, Hendra Taufik. 2019. Usaha home indusry teh BADAK (Bawang Dayak) Implementasi Sains Teknologi Engineering dan Matematika (STEM) berbasis kewirausahaan. https://doi.org/10.31258/unricsce.1.411-419.
Salmaa. (2021). Penelitian Deskriptif: Pengertian, Kriteria, Metode, dan Contoh. Retrieved 2022, from penelitian-deskriptif/: https://penerbitdeepublish.com/penelitian- deskriptif/

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.