Penghijauan Lingkungan Melalui Pembagian 1000 Bibit Tanaman kepada Masyarakat Desa Pulau Rengas

Main Article Content

Nurdiansyah Nurdiansyah
Luki Alvino
Dika Meilisan
Adrian Roy Sanda Manurung
Nurhaliza Nurhaliza
Istiqoma Helmi Putri
Marsye Wulandari
Nasrul Ulfa
Sri Yuliani
Febiola Febiola
Ropi Saputri

Abstract

Pulau Rengas merupakan desa yang ada di Kecamatan Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, Indonesia. Secara geografis desa ini terletak dibagian selatan Kecamatan Pangean yang berada di bantaran sungai Kuantan. Menurut pengamatan Tim Kukerta Universita Riau di Desa Pulau Rengas kurangnya jumlah pohon buah-buahan dan kurangnya jumlah pohon penahan tebing sungai Kuantan, hal inilah yang mendorong Mahasiswa Kukerta Universitas Riau melakukan pembagian 1000 bibit tanaman di Desa Pulau Rengas. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja unggulan Tim Kukerta Universiatas Riau yang bertujuan untuk penghijaun desa, untuk melestarikan buah-buahan lokal dan memperkuat tebing sungai agar tidak mudah longsor. 1000 bibit yang akan dibagikan terdiri dari  bibit buah-buahan yaitu matoa, durian, sirsak, petai dan bibit pohon penahan tebing sungai Kuantan agar tidak longsor yaitu bibit trambesi dan mahoni. Proses mendapatkan 1000 bibit ini dimulai dari pengantaran proposal permohonan bibit ke Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Pekanbaru dan setelah disetujui Tim Kukerta melakukan pengambilan bibit di SMK Kehutanan Pekanbaru. Proses pembagian bibit dilakukan dengan cara mendata seluruh penduduk Desa Pulau Rengas yang terdiri dari 164 Kartu Keluarga dan pembagian dibuka oleh Kepala Desa Pulau Rengas lalu dilanjutkan dengan memanggil setiap nama Kepala Keluarga agar setiap penduduk mendapatkan bibit. Penanaman pohon trambesi dan pembagian bibit ini diharapkan agar Desa Pulau Rengas akan selalu menjadi desa yang asri.

Article Details

How to Cite
Nurdiansyah, N., Alvino, L., Meilisan, D., Manurung, A. R. S., Nurhaliza, N., Putri, I. H., Wulandari, M., Ulfa, N., Yuliani, S., Febiola, F., & Saputri, R. (2022). Penghijauan Lingkungan Melalui Pembagian 1000 Bibit Tanaman kepada Masyarakat Desa Pulau Rengas. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 4(2), 255-262. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/4259
Section
Articles

References

Endah H. Joesi dan Novizan. 2002. Pengertian Penghijauan. Jakarta: AgroMedia Pusaka.
Nasir, M. 2002. Manfaat Penghijauan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Converve Energy Future. 2020. Manfaat Penghijaun Bagi Lingkungan Hidup. http://greenhouseneutralfoundation.org/5-manfaat-penghijauan-bagi-lingkungan-hidup/ diunduh 5 September 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.