Inovasi Pembuatan Sabun Cuci Piring Sebagai Ide Usaha Bisnis Rumah Tangga Kelurahan Pasir Sialang Oleh Mahasiswa Kukerta Balek Kampung UNRI 2022

Main Article Content

Khairul Amri
Muhammad Irvan
Izza Hadian
Fitri Hidayatul Aini
Marwah Marwah
Khairil Mahya
Jamalia Wahda
Endang Muliani Wary
Angri Nurmayana
Gaga Hinta Aditya Dallas

Abstract

Jurnal ini bertujuan untuk memberikan inovasi sekaligus memancing kreativitas masyarakat Kelurahan Pasir Sialang khususnya ibu-ibu rumah tangga untuk mengembangkan bisnis rumahan yang ramah lingkungan dan tidak membutuhkan modal yang banyak. Adapun ide usaha yang di tawarkan adalah pembuatan sabun cuci piring dari bahan kimia yang tidak berbahaya dan bernilai ekonomis. Sabun cuci piring merupakan benda yang telah menjadi kebutuhan sehari-hari terutama bagi ibu-ibu rumah tangga, melihat banyaknya UMKM kuliner yang ada di Kelurahan Pasir Sialang, mendorong Tim Kukerta UNRI Pasir Sialang untuk mensosialisasikan tata cara pembuatan sabun cuci piring dengan modal yang sangat ekonomis tapi dapat menghasilkan sabun cuci piring dalam jumlah yang banyak. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan pelaku UMKM Kuliner dapat menghemat pengeluaran untuk biaya kebersihan dan dapat memotivasi ibu ibu rumah tangga di Kelurahan Pasir Sialang untuk mendirikan ide usaha ini.

Article Details

How to Cite
Amri, K., Irvan, M., Hadian, I., Aini, F. H., Marwah, M., Mahya, K., Wahda, J., Wary, E. M., Nurmayana, A., & Dallas, G. H. A. (2022). Inovasi Pembuatan Sabun Cuci Piring Sebagai Ide Usaha Bisnis Rumah Tangga Kelurahan Pasir Sialang Oleh Mahasiswa Kukerta Balek Kampung UNRI 2022. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 4(2), 284-290. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/4265
Section
Articles

References

Indah Pratiwi, Pakpahan ; Eka Sulistyaningsih. 2020, Pembuatan Sabun Cuci Piring Sebagai Peluang Usaha Bagi Ibu-ibu PKK Dusun Putat Wetan, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul. Jurnal Dharma Bakti-LPPM IST AKPRIND. Vol.3 No.2 Edisi : oktober Tahun 2020, Hal 94- 99.
Supriyadi, Edi ; Rully Nur Dewanti ; Taufik ; Junaedi ; Soleh Sofyan. 2020. Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri. Vol. 3, No. 1, Juli 2020. Hal 28-34.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.