Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Gratis di Desa Ulumahuam
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari program pengabdian masyarakat seperti yang ditawarkan oleh Universitas Islam Negeri Sumatera Utara adalah untuk meningkatkan minat belajar anak-anak di era digital, di mana teknologi memiliki dampak yang signifikan terhadap seberapa serius anak-anak dalam menempuh pendidikannya, baik secara positif maupun negatif. negatif. Selain itu, tujuan dari layanan ini adalah untuk membantu masyarakat memahami nilai pendidikan dan bagaimana hal itu dapat membantu pemerintah mendidik generasi muda tanah air. Selain itu, kami sosialisasikan di sekolah dengan mengajak siswa mengikuti bimbingan belajar gratis bersama siswa KKN, yang kami lakukan di posko kegiatan KKN, untuk mengkomunikasikan langsung kepada masyarakat sekitar nilai pendidikan untuk masa depan anak sehingga orang tua juga ikut serta mengarahkan, mengawasi, dan mendukung anak-anaknya dalam menempuh pendidikan di era digital saat ini.
Article Details
References
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak di Terapkannya Social Distancing. METALINGUA:Jurnal Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia, 31-34.
Istiqomah & Jaharudin. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Desa Mariat Pantai. Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat, 2(2), 29-34.
Gurnito. (2016). Peningkatan Kualitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter 1(1), 28-33.
Yuliana, Dyan. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Gratis Di Desa Gebangan. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Syafni, E., Syukur, Y., & Ibrahim, I. 2013. Masalah Belajar Siswa dan Penanganannya. Jurnal Ilmiah Konseling, 2, 15-19.
Kusuma dkk. (2021). Program Bimbingan Belajar Di Pucang Arjo, Surabaya Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Untuk Siswa Tk Hingga Sd (Sekolah Dasar) Tuition Program in Pucang Arjo, Surabaya As a Means of Enhancing Education Quality for Kindergarten and Elementar. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 5(1), 58-64.
Thahir, A., & Hidriyanti, B. 2014. Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyah Kota Karang. Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 55-66.
Andayani, N. P., Sulastri, M., & Sedanayasa, G. 2014. Penerapan Layanan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bagi Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar Siswa Kelas X4 SMA Negeri 1 Sukasada. e-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling.
Rosaria, D. & Novika, H. (2018). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam RT. 31 Handil Bhakti. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 2(2), 13-19.
Amelia, Jemmy. (2021). Pentingnya Penerapan Bimbingan Belajar Pada Siswa. Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19 di Desa Bronjong Kecamatan Bluluk. JUMAT EKONOMI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 76-81.