Pengembangan Kawasan Wisata Desa Bukit Lembah Subur Kabupaten Pelalawan Berbasis Masyarakat

Main Article Content

Wahyu Hidayat
Muhd. Arief Al Husaini
Mashuri Mashuri
Sri Djuniati
Ahmad Nawawi

Abstract

Pariwisata merupakan sektor ekonomi penting di Indonesia yang menjadi salah satu sektor andalan terhadap kegiatan perekonomian yang berorientasi pada perluasan lapangan pekerjaan dan memberikan kesempatan kerja yang lebih leluasa. Desa Bukit Lembah Subur merupakan salah satu desa kawasan transmigrasi yang ada diĀ  wilayah administrasi Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Terbatasnya penyediaan sarana dan prasarana serta mengingat adanya peningkatan terhadap kebutuhan masyarakat akan wisata dan rekreasi menjadi dasar bagi masyarakat dan pemerintah desa untuk mengembangkan kawasan wisata di Desa Bukit Lembah Subur. Pengembangan kawasan wisata di desa ini juga berfungsi sebagai generator penggerak perkonomian dan penyedia lapangan pekerjaan baru. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu peneliti ditempatkan sebagai instrumen kunci dengan menggabungkan data lapangan dengan melakukan analisis induktif. Kegiatan ini melakukan metode observasi, diskusi dan analisis desain. Hasil kegiatan berupa dokumen rancangan desain Kawasan Wisata Danau Buatan Desa Bukit Lembah Subur. Penyediaan fasilitas kawasan memperhatikan kebutuhan pengjung seperti atraksi, kuliner, cindera mata, dan pendukung.

Article Details

How to Cite
Hidayat, W., Al Husaini, M. A., Mashuri, M., Djuniati, S., & Nawawi, A. (2022). Pengembangan Kawasan Wisata Desa Bukit Lembah Subur Kabupaten Pelalawan Berbasis Masyarakat. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 4(2), 314-325. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/4352
Section
Articles

References

Murphy, Peter E., 1985, Tourism A Community Approach, Methuen, New York
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Telfer, Richard dan Sharpley, David J., 2008, Tourism and Development in the Developing World, Routledge, New York
Timothy, Dallen J. dan Boyd, Stephen W., 2003, Heritage Tourism, Pearson Education, England
Yoeti. 2001. Pengantar Ilmu Pariwisata Edisi Revisi. Bandung. Penerbit Angkasa.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.