Sosialisasi Penyuluhan Stop Bullying di SMP Negeri 2 Dayo Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu

Main Article Content

Hayatul Ismi
Yeremia Gea
Philipus F. Manik
Yohana Angelia Sihaloho
Ronauly Sijabat dkk.

Abstract

Pencegahan bullying disekolah dapat dilakukan antara lain dengan menggiatkan pengawasan dan pemberian sanksi secara tepat pada pelaku. Cara lain dengan melakukan penyuluhan melalui berbagai cara, salah satunya memasukkan materi bullying kedalam pembelajaran yang akan berdampak positif bagi pengembangan pribadi para murid. Tujuan pengabdian ini adalah memberi edukasi pencegahan bullying pada pelajar. Partisipan pengabdian adalah sekolah, pelajar, dan anggota pengabdian sendiri. Dalam kegiatan pengabdian ini, metode yang digunakan adalah dengan model penyuluhan dan dialog interaktif sehingga selain memberikan informasi tentang dampak perbuatan school bullying di SMPN 02 Dayo, Guru dan siswa juga ikut aktif dalam dialog sehingga terjalinnya komunikasi yang baik Hasilnya, pelajar semakin tahu bahwa bullying adalah tindakan yang salah dan sangat tidak pantas dilakukan.

Article Details

How to Cite
Ismi, H., Gea, Y., Manik, P. F., Sihaloho, Y. A., & dkk., R. S. (2022). Sosialisasi Penyuluhan Stop Bullying di SMP Negeri 2 Dayo Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 4(2), 327-329. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/4363
Section
Articles

References

Coloroso., B. (2006.). Penindas, Tertindas, dan Penonton. Resep Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah hingga SMU. Jakarta.: Serambi.
Prihartono., D., & Hastuti., S. (2019.). Sosialisasi Penyuluhan Stop Bullying di SDN 02 Lengkong Wetan Serpong Kota Tangerang Selatan. Seminar Nasional Pengadian Masyarakat.
Widyawati., A. (2014). Sosialisasi School Bullying sebagai Upaya Preventif terjadinya Tindak Pidana Kekerasan di SMPN 3 Boja Kabupaten Kendal. ABDIMAS.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.