PERANAN ORANG TUA TUNGGAL DALAM MENDIDIK ANAK DI KECAMATAN ALLA KABUPATEN ENREKANG

Main Article Content

handayani sura'

Abstract

Orang tua sebagai pengemban amanah di muka bumi ini tentulah tidak semudah yang dibayangkan oleh sebagian orang, karena tentunya mempunyai rintangan yang senantiasa mengiringi perjalanan hidup manusia apalagi yang namanya orang tua tunggal. Hubungan orang tua dengan anak serta cara memupuk bakat yang ada pada anak, akan menentukan kemampuan belajar mereka dimasa yang akan datang, salah satu usaha yang dilakukan orang tua ialah mengatur suasana rumah yang harmonis antara orang tua dan anak maupun antara sesama. 


Pelaku utama dalam pendidikan anak yang sebenarnya adalah orang tua, guru hanyalah pendidik kedua setelah orang tua, orang yang berperan penting adalah orang tua. Bagaimana orang tua berperan dalam mendidik anak,  metode apa yang digunakan, dan kira-kira faktor yang menghambat dalam mendidik anak khususnya bagi orang tua tunggal itu apa?


Dari hasil laporan yang peneliti lakukan diketahui bahwa peranan orang tua khususnya orang tua tunggal sangat penting bagi pendidikan karena adanya motivasi dari orang tua dapat membuat anak selalu tersugesti, sehingga baik secara langsung maupun tidak langsung dapat meningkatkan daya imajinasi untuk selalu pengetahuan yang baru, yangb kemudian mampu melahirkan para generasi yang siap pakai, khususnya anak dari orang tua tunggal di kecamatan alla kabupaten enrekang.


 


 

Article Details

How to Cite
sura’, handayani. (2020). PERANAN ORANG TUA TUNGGAL DALAM MENDIDIK ANAK DI KECAMATAN ALLA KABUPATEN ENREKANG. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 2(1), 28-41. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/438
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.