Peranan KUKERTA-BK UNRI dalam Membangkitkan Semangat Literasi dan Adaptasi Teknologi di Desa Binamang Kecamatan XIII Kota Kampar

Main Article Content

Muhd. Arief Al Husaini
Eka Apriliana
Erma Rahmadhani
Meiza Mauliani
Muhammad Isra Oktapri
Rasyid Ridho
Risem Candiana
Risnatul Azizah
Silvi Yuliani
Siti Nurlaili
Winndy Masyka Putra

Abstract

Desa Binamang adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata-Balik Kampung (KUKERTA-BK) adalah salah satu wujud pengabdian Universitas Riau kepada masyarakat sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi. Pemahaman anak-anak yang tinggi terhadap pentingnya pendidikan akan mendorong terwujudnya generasi penerus yang berwawasan luas. Sarana pendidikan yang terdapat di Desa Binamang meliputi Pendidikan Anak Usia Dini, Taman Kanak-Kanak, dan Sekolah Dasar. Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada bidang kesehatan, tetapi juga berdampak pada bidang pendidikan. Pembelajaran dilakukan secara daring dan menggunakan media media pembelajaran digital Permasalahan pada pendidikan di Desa Binamang akibat terjadinya pandemi Covid-19 yaitu kurangnya motivasi belajar, rendahnya tingkat pemahaman serta penguasaan literasi dan teknologi para peserta didik. Oleh karena itu, KUKERTA-BK yang dilakukan di Desa Binamang Kecamatan XIII Koto Kampar merancang program peningkatan semangat literasi dan adaptasi teknologi bagi siswa Sekolah Dasar. Pengabdian ini dilaksanakan dengan metode pelatihan seperti penyampaian materi, diskusi, dan praktek secara langsung dengan media laptop. Kemampuan literasi dan teknologi yang dapat dilaksanakan meliputi bimbingan belajar, maghrib mengaji, strategi belajar melalui ice breaking, dan pengenalan komputer dasar. Program ini diharapkan mampu meningkatkan semangat literasi dan adaptasi teknologi para peserta didik di Desa Binamang.

Article Details

How to Cite
Al Husaini, M. A., Apriliana, E., Rahmadhani, E., Mauliani, M., Oktapri, M. I., Ridho, R., Candiana, R., Azizah, R., Yuliani, S., Nurlaili, S., & Putra, W. M. (2022). Peranan KUKERTA-BK UNRI dalam Membangkitkan Semangat Literasi dan Adaptasi Teknologi di Desa Binamang Kecamatan XIII Kota Kampar. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 4(2), 330-340. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/4383
Section
Articles

References

Ajeng. (2021). Fungsi Bimbingan Belajar bagi Siswa. https://bimbeltridaya.com/fungsi-bimbingan-belajar-bagi-siswa/
LPPM UNIVERSITAS RIAU. (2022). PANDUAN KULIAH KERJA NYATA (KUKERTA) LPPM UNIVERSITAS RIAU TAHUN 2022.
Wahyu, F. (2018). Pengembangan Masyarakat Islam: Program Magrib Mengaji Kecamatan Koto Tangah Padang, Sumatera Barat. Alfuad: Jurnal Sosial Keagamaan, 2(1), 24. https://doi.org/10.31958/alfuad.v2i1.1206
Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325–343. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480
Yahfizham. (n.d.). KOMPUTER (M. S. Lubis (ed.)). Perdana Publishing.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.