Edukasi Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint Bagi Guru di Mts Al-Junaidiyah Biru

Main Article Content

Sugian Nurwijaya

Abstract

Perkembangan suatu Negara dapat dilihat dari tingkat pendidikan masyarakatnya. Peserta didik sekarang ini adalah generasi milenial yang tentunya memiliki karakter yang berbeda dengan generasi sebelumnya, sehingga diperlukan model atau metode pembelajaran yang sesuai dengan saat ini. Penyajian materi secara menarik dan interaktif menjadi salah satu metode yang efektif untuk menarik perhatian peserta didik selama kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah memberikan edukasi kepada guru yang mengajar di MTs Al-Junaidiyah Biru tentang pembuatan media pembelajaran matematika yang interakif berbasis powerpoint yang bermanfaat sebagai bahan ajar untuk mempermudah guru dalam menjelaskan berbagai materi pembelajaran matematika yang akan diajarkan. metode yang dilakukan dalam melakasanakan kegiatan ini menggunakan langkah-langkah penelitian tindakan kelas sebagai berikut: (1) Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi/Evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan guru sangat antusias dalam mempraktekkan media-media pembelajaran berbasis teknologi dan guru sudah mampu membuat media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint dengan baik. Kesimpulan: Adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan para guru tentang pembuatan media pembelajaran matematika interaktif berbasis powerpoint.

Article Details

How to Cite
Nurwijaya, S. (2022). Edukasi Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint Bagi Guru di Mts Al-Junaidiyah Biru. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 4(2), 352-356. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/4390
Section
Articles

References

Fitriyah, R. N. (2019). Pengembangan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0 melalui Pendidikan dan Pelatihan. 2019: Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu dan Call for Papers, 1, 359–364. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7302
Hartawan, I. N. B. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Interaktif Berbasis Power Point Untuk Guru Sma Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 110. https://doi.org/10.26740/ja.v6n2.p110-116
Monemi, R., Lufri, & leilani, I. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Power Point Disertai Games Kuis Course Maze Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Peserta Didik kelas VIII SMP. Journal Biosains, 1(2). 252-260.
Putri, N. W. S., & Suryati, K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Program Linier Berbasis Geogebra di STMIK STIKOM INDONESIA. Jurnal Matematika, 9(2), 111. https://doi.org/10.24843/jmat.2019.v09.i02.p117
Rasul, A., Subhanudin, & Sutirta, H. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT BAGI GURU-GURU DI SMA AL-FALAH HMM TIMIKA. Jubaedah : Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah, 1(1), 51–56. https://scholar.archive.org/work/fbfoqqjzxfae7b5hbrhdfb7bse/access/wayback/http://jubaedah.lppmbinabangsa.id/index.php/home/article/download/7/16
Sulastri, Nurdiyana, Setiawati, Suanto, & Rustandi, R. (2020). Pelatihan Pembuatan dan Media Pembelajaran Matematika di SD Karah I Surabaya. ABDI, 5(2), 83–88.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.