KUKERTA-BK Universitas Riau Tahun 2022 : Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Peningkatan Kualitas Hidup Di Bidang Pendidikan dan Moderasi Beragama di Kelurahan Tanjung Palas Kecamatan Dumai Timur
Main Article Content
Abstract
Covid-19 telah menggemparkan dunia pada tahun 2020 lalu, dalam wabah ini sistem kehidupan diharuskan untuk berubah, krisis mulai terjadi di belahan bumi, termasuk di Indonesia yang harus mengambil keputusan pahit untuk mencegah penyebaran covid-19 dengan menutup semua tempat keramaian, baik pada perkantoran, tempat ibadah bahkan persekolahan. Tentunya keputusan ini dapat menekan peningkatan penyebaran Covid-19, namun juga memberikan dampak yang kurang baik di kehidupan dalam berbagai bidang, baik di perkotaan maupun di pedesaan. Begitupula yang terjadi di Kelurahan Tanjung Palas tepatnya di RT.07, banyak siswa yang kehilangan motivasi untuk ke sekolah dan belajar. Hal ini dibuktikan dengan terdapat banyak siswa SD yang belum lancar membaca, belum bisa menulis, dan belum bisa berhitung. Berdasarkan permasalahan diatas kami anggota Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau melakukan pengabdian sesuai Tri dharma perguruan tinggi yang meliputi Pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai kegiatan intrakurikuler dengan pendekatan lintas keilmuan di tempat yang setingkat dengan desa. Adapun kegiatan yang dilakukan berfokus pada bidang Pendidikan yang dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar Adapun kegiatannya seperti kegiatan rumah belajar, mengadakan perlombaan, Gerakan adiwiyata, semangat literasi dan numerasi serta gemar membaca Al-Qur’an.
Article Details
References
Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., & Toharudin, T. (2021, December). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi COVID-19 di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Statistika| Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran (Vol. 10, pp. 27-27).
Fridayanti., Sururie, W.W., Aziz, R., Uriawan, W., Zulqiah., & Mardiansyah, Y. 2019. Model KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Tantangan dan Peluang Pelaksanaan. Alkhidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, Vol2(1).
I Wayan Cong Sujana. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. ADI WIDYA Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39.
Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Idarah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 99–112.
Purwanto, E. A., & Sulistyasturi, D. R. (2017). Metode penelitian kuantitatif.