Pelaksanaan Bimbingan Konseling Kelompok dengan Teknik Solution Focused Brief Counseling (SFBC) pada Siswa di Pesantren Darul Falah Enrekang
Main Article Content
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan berupa edukasi kepada siswa melalui Pelaksanaan Bimbingan Konseling Kelompok Dengan Teknik Solution Focused Brief Counseling (SFBC) Pada Siswa di Pesantren Darul fala Enrekang. Khalayak sasaran dalam kegiatan abdi masyarakat ini adalah siswa yang mengalami problematika perilakuan menyimpang seperti bullying yang masih dilakukan oleh sesama santri didalam kelas maupun dalam berkehidupan di asrama. Ketersediaan tenaga ahli dari rekan-rekan dosen Universitas Muhammadiyah Enrekang, dan juga guru-guru yang ada di Pondok Pesantren darul fala Enrekang, sehingga terlaksana kegiatan tersebut dengan baik. Manfaat yang didapatkan dari pengabdian masyarakat ini adalah adanya perubahan perilaku membully yang terjadi pada peserta didik di Darul Falah setelah diberikan tindakan menggunakan konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan SFBC kemudian dapat mengedukasi siswa dan juga dapat mengurang perilaku membully dari sebelum diberi perlakuan masih sering terjadi perilaku tersebut dan setelah diberi perilaku perilaku tersebut sudah mulai berkurang.
Article Details
References
Hasnidar, H., Sulihin, S., & Elihami, E. (2020). Developing of multiple intelligences in students with the two stay two strays type. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 7-12.
Karyasa, T. B., Diwyarthi, N. D. M. S., Pratama, I. W. A., Suwaryo, P. A. W., Anasi, P. T., Yusnanto, T., ... & Pangestika, R. R. (2022). Inovasi Pendidikan. Get Press.
Murdani, M. H., Sukardi, S., & Handayani, N. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1745-1753
Neulborne, M., & Elihami, E. (2020). Evaluation of the XRecorder application via video on learning al-islam and muhammadiyah in the middle of the Covid-19 pandemic. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(2), 93-99.
Sulaiman, F., & Elihami, E. (2020). Teaching Variation Development through tutoring in optimizing student achievement. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 102-107.
Sulaiman, F., Mahyuddin, M. J., Sudirman, M. Y., Pratiwi, I., & Masse, M. (2022). Pentingnya Kesehatan Mantal Bagi Guru di Masa Pandemi. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 4(1), 66-71.
Syahdan, S., Ridwan, M. M., Ismaya, I., Aminullah, A. M., & Elihami, E. (2021). Peranan Perpustakaan dalam Mendukung Proses Pembelajaran Siswa Madrasah Aliyah Ma’had Manailil Ulum Pondok Pesantren Guppi Samata. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 1(2), 48-65