Pengadaan Taman Baca dan Perpustakaan Keliling sebagai Solusi Cerdas dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SDN 30 Parombean Kecamatan Curio

Main Article Content

Irman Syarif
Elihami Elihami

Abstract

Membaca sangat diperlukan untuk menunjang pengetahuan yang harus dikuasai oleh peserta didik. Sehingga membaca tentunya menjadi kebiasaan yang harus dimiliki oleh seluruh peserta didik di Indonesia.  Berdasarkan pengamatan pada bulan September 2019 minat baca murid SDN 30 Parombean masih tergolong rendah dikarenakan siswa lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain dengan temannya pada jam isitirahat, membeli jajan di kantin dan sekedar berbincang dengan temannya sambil melakukan permainan hingga jam istrahat selesai. Maka dari itu diadakan Kegiatan Pengabdian yaitu Pengadaan Taman Baca dan Perpustakaan Keliling. Tujuan kegiatan ini adalah Meningkatkan kebiasaan dan gemar membaca yang dilakukan secara teratur dan berkelanjutan agar menjadi suatu kebiasaan, siswa untuk gemar membaca kapanpun dan dimanapun, Menumbuhkan rasa senang terhadap membaca dalam diri siswa sehingga siswa dapat memiliki wawasan yang luas, Menumbuh kembangkan budaya literasi sekolah dalam rangka menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang ramah dan menyenangkan dan meningkatkan kemampuan literasi siswa. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode pendampingan partisifatif Perpustakaan Keliling dan penyediaan Taman Baca. Sasaran yang dipilih yaitu siswa Sekolah Dasar SDN 30 Parombean. Hasil Kegiatan ini menunjukkan partisipatif dan dukungan dari pihak sekolah dan masyarakat dari aspek sosialisasi. Pembuatan Taman Baca dilaksanakan dengan memilih lokasi yang strategis yang menjadi bagian dari Sekolah, kegiatan ini melibatkan Mahasiswa KKN , Kalangan Masyarakat dan pihak sekolah ,Untuk kegiatan Pendampingan pengadaan Perpustakaan Keliling dinas kearsipan Kabupaten Enrekang memberlakukan layanan dengan sistem  Paket dimana ada 150 eksemplar koleksi buku Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Enrekang yang dipinjamkan ke SDN 30 Parombean

Article Details

How to Cite
Syarif, I., & Elihami, E. (2020). Pengadaan Taman Baca dan Perpustakaan Keliling sebagai Solusi Cerdas dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SDN 30 Parombean Kecamatan Curio. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 2(1), 109-117. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/548
Section
Articles

References

Abbas, M. A. A., Sari, N., Nasra, N., & Elihami, E. (2020). PERANAN LAPANGAN PERLEMBAGAAN DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN DIAN AYU DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 122-138.
Assidiq, I., & Elihami, E. (2020). SABTU BERSIH DAN PENGAJIAN BULANAN DI KB AL ALYAH PAMOLONGAN DAN MASJID BAITUL AMAL BARI BATU DESA SALASSA KECAMATAN CURIO KABUPATEN ENREKANG. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(1), 62-66.
Elihami, E., Rahamma, T., Dangnga, M. S., & Gunawan, N. A. (2019, October). Increasing Learning Outcomes of the Islamic Education through the Buginese Falsafah in Ajatappareng Region. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 429-435).
Husni, H., & Elihami, E. (2020). THE MULTI-FUNCTIONAL APPLICATION OF TEACHERS. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 148-153.
Mustakim, M., & Elihami, E. (2020). UNDERSTANDING INDONESIA LANGUAGE AND CULTURE AT LONGQI ELEMENTARY SCHOOL TAINAN–TAIWAN ROC. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(1), 54-61.
Mustakim, M., Musdalifah, M., & Elihami, E. (2020). TEACHING INDONESIA LANGUAGE FOR KUN SHAN UNIVERSITY STUDENTS AND VOLUNTEERING FOR CAMPUS GUESTS FROM INDONESIAN UNIVERSITIES TAINAN–TAIWAN ROC. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(1), 42-53.
Saharuddin, A., Wijaya, T., Elihami, E., & Ibrahim, I. (2020). LITERATION OF EDUCATION AND INNOVATION BUSINESS ENGINEERING TECHNOLOGY. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 48-55.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.