Pelatihan Pengembangan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak Jenjang SD

Main Article Content

Masnur Masnur
Aminullah Aminullah
Elihami Elihami
Elihami Elihami

Abstract

Pembelajaran pada sekolah penggerak mengharuskan adanya kegiatan projek dimana projek tersebut bertujuan untuk memberikan penguatan karakter bagi pelajar dengan profil pelajar pancasila. Projek tersebut harus didesain sekreatif mungkin agar memberikan pengalaman yang sangat baik bagi para siswa sehingga perlunya penguatan penyusunan modul projek profil pelajar pancasila. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Persiapan dilakukan dengan menyediakan bahan sebagai acuan dan pedoman dalam pengembangan modul projek profil pelajar pancasila. Selain itu juga mendokumentasikan perijinan dan penyesuaian jadwal pelaksanaan pengabdian. Pada tahap kedua dilakukan pengabdian dengan memberikan instrumen pengukuruan level sekolah kemudian penyampaian materi dan saling praktik mengkritisi modul projek yang telah ada. Pada tahap evaluasi dilakukan dengan melakukan refleksi kepada seluruh peserta terhadap kegiatan yang telah dilakukan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru SD dapat mengembangkan modul projek profil pelajar pancasila serta dapat melakukan evaluasi sesuai dengan acuan pedoman pelaksanaan penguatan projek profil pelajar Pancasila

Article Details

How to Cite
Masnur, M., Aminullah, A., Elihami, E., & Elihami, E. (2022). Pelatihan Pengembangan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak Jenjang SD. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 4(2), 469-476. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/5620
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.