Melangkah Bersama untuk Pendidikan Berkualitas melalui Implementasi Program Kampus Mengajar 5

Main Article Content

Ismail Ismail
https://orcid.org/0000-0003-3859-5719
Yunus Busa

Abstract

Program Kampus Mengajar merupakan sebuah inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah mitra khususnya daerah terpencil melalui partisipasi aktif mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan dari perguruan tinggi. Program ini melibatkan kolaborasi antara perguruan tinggi, sekolah mitra, untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih baik bagi anak-anak di sekolah mitra. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema Mewujudkan Transformasi Pendidikan: Peran Mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan dalam Program Kampus Mengajar bertujuan untuk mendorong partisipasi mahasiswa dan DPL dalam pembangunan pendidikan: Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berkontribusi secara langsung dalam pembangunan pendidikan di Indonesia. Melalui pengalaman mengajar di sekolah mitra, mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam dunia nyata dan menjadi agen perubahan dalam sistem pendidikan. Kegiatan Pengabdian Kampus Mengajar Angkatan 5 (KM 5) dilakukan di kabupaten Enrekang, yang dilaksanakan pada bulan Februari-Juni 2023. Tim KM5 terdiri dari 13 DPL dan 100 mahasiswa yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Enrekang yang ditempatkan di 26 sekolah mitra di Kabupaten Enrekang.
Metode pelaksanaan Kegiatan pengabdian KM 5 dimulai dari tahapan (1) pra kegiatan yakni pembekalan (pelatihan microteaching kepada mahasiswa nonkependidikan), Mitra yang Terlibat dalam Penugasan Program Kampus Mengajar; (2) Deskripsi Kegiatan Koordinator PT, (3) Deskripsi pelaksanaan kegiatan pendampingan Mahasiswa dan DPL; dan (4) Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Mahasiswa dan DPL, (5) Hambatan dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan (6) Kisah keberhasilan Program KM-5.
Dalam proses penugasan, mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan menjalankan peran penting sebagai pendamping dan pengajar di sekolah mitra. Mereka memberikan bimbingan dan pengajaran langsung kepada siswa, melibatkan mereka dalam kegiatan pembelajaran yang kreatif, dan mengembangkan keterampilan sosial serta karakter siswa. Selain itu, mahasiswa memiliki kesempatan untuk memahami budaya lokal dan memperluas wawasan mereka melalui interaksi dengan masyarakat setempat. Namun demikian, Dalam pelaksanaan program ini, terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi mahasiswa, seperti kurangnya dukungan infrastruktur sekolah mitra, dan hambatan teknis lainnya. Namun, melalui upaya kolaboratif dan komunikasi yang intens antara semua pihak yang terlibat, hambatan-hambatan ini dapat diatasi dengan baik.
Evaluasi terhadap pelaksanaan program menjadi hal yang penting untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitasnya. Evaluasi dilakukan melalui observasi, penilaian, dan refleksi terhadap kegiatan mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan. Hasil evaluasi tersebut digunakan sebagai dasar untuk mengidentifikasi keberhasilan program, hambatan yang dihadapi, dan perbaikan yang perlu dilakukan di masa depan.
Dengan komitmen dan kerjasama yang kuat antara semua pihak yang terlibat, Program Kampus Mengajar 5 memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah mitra dan menciptakan perubahan positif dalam masyarakat.

Article Details

How to Cite
Ismail, I., & Busa, Y. (2023). Melangkah Bersama untuk Pendidikan Berkualitas melalui Implementasi Program Kampus Mengajar 5. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 5(1), 40-51. https://doi.org/10.33487/pengabdian.v5i1.5852
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.