Pelatihan Implementasi Assessment Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Sidrap Melalui Program Sekolah Penggerak

Main Article Content

Dian Firdiani
Andi Fadhilah Nugrah
Ilham Assidiq
Muh Idham Khaliq
Rista Astari Rusdin
Elihami Elihami

Abstract

Kegiatan pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan penilaian peserta didik sehingga mereka dapat menerapkan penilaian otentik sesuai dengan persyaratan dalam Kurikulum Merdeka. Penilaian tradisional seringkali hanya digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik dan sering dianggap sebagai suatu hal yang terpisah dari proses pembelajaran. Namun, pentingnya penilaian bukan hanya untuk menilai pencapaian hasil belajar, melainkan juga untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran itu sendiri. Oleh karena itu, penilaian seharusnya mencakup tiga pendekatan, yaitu penilaian akhir pembelajaran, penilaian untuk pembelajaran, dan penilaian sebagai pembelajaran.


Melalui kegiatan pelatihan ini, diharapkan guru akan meningkatkan kompetensinya dalam bidang penilaian. Kegiatan pengabdian ini akan melibatkan workshop dan pendampingan yang mencakup penjelasan tentang cara menggunakan Assessment of Learning, Assessment for Learning, dan Assessment as Learning di Sekolah Dasar. Selain itu, kegiatan ini juga akan mencakup validasi dan uji coba penilaian di dalam kelas pembelajaran serta penerapan penilaian ini dalam seluruh proses pembelajaran di Sekolah Dasar.


Evaluasi kegiatan akan mencakup penilaian terhadap proses pelatihan, seperti workshop dan pendampingan, serta hasil yang dihasilkan, seperti kemampuan guru dalam menerapkan penilaian di dalam kelas pembelajaran. Selama tahap implementasi di lapangan, akan ada kerjasama kolaboratif dengan Guru PKP Sekolah Dasar yang tergabung dalam Program Sekolah Penggerak di Kabupaten Sidrap.


 


 


Kata kunci : Asessment, Kurikulum Merdeka, Program Sekolah Penggerak

Article Details

How to Cite
Firdiani, D., Nugrah, A. F., Assidiq, I., Khaliq, M. I., Rusdin, R. A., & Elihami, E. (2023). Pelatihan Implementasi Assessment Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Sidrap Melalui Program Sekolah Penggerak. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 5(2), 344-353. https://doi.org/10.33487/pengabdian.v5i2.6641
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.