Peningkatan Pengetahuan sebagai Upaya Pencegahan Perilaku Bullying di Kalangan Mahasiswa Akper Mappa Oudang Makassar

Main Article Content

Dewi Hestiani K
Rezeki Nur
Eka Wahyuni
Elihami Elihami

Abstract

Bullying adalah perilaku yang disengaja dan berulang yang bertujuan untuk menyakiti, merendahkan, atau mendominasi orang lain secara fisik, verbal, sosial, atau elektronik. Di lingkungan pendidikan tinggi, bullying dapat terjadi melalui intimidasi verbal, pelecehan online, penolakan sosial, penyebaran gosip, atau tindakan diskriminatif lainnya. Korban bullying sering mengalami dampak emosional, psikologis, dan bahkan fisik yang serius, seperti stres, kecemasan, depresi, dan penurunan kinerja akademik. Pencegahan bullying memerlukan upaya kolaboratif dari seluruh komunitas akademik untuk mengedukasi tentang norma-norma perilaku yang baik, dan memberdayakan individu untuk mengatasi perilaku bullying. Kegiatan ini merupakan bentuk peningkatan pengetahuan yang diberikan kepada mahasiswa baru Akper Mappa Oudang Makassar untuk mencegah terjadinya tindakan bullying di lingkungan kampus. Kegiatan berlangsung pada taggal 17 Agustus 2023, dilaksanakan dalam bentuk diskusi ilmiah secara luring yang dirangkaikan dengan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Akper Mappa Oudang Makassar tahun 2023. Rangkaian kegiatan berlangsung selama 3 jam meliputi pre-test, materi/ diskusi dan post-test. Hasil dari kegiatan adalah tercapainya peningkatan pengetahuan mahasiswa baru tentang bullying yang terlihat dari perbedaan hasil pretest dan posttest serta adanya kesiapan yang dinayatakan secara verbal untuk berkontribusi positif dalam pencegahan perilaku bullying demi tercapainya suasana akademik yang positif di lingkungan Akper Mappa Oudang.

Article Details

How to Cite
K, D. H., Nur, R., Wahyuni, E., & Elihami, E. (2023). Peningkatan Pengetahuan sebagai Upaya Pencegahan Perilaku Bullying di Kalangan Mahasiswa Akper Mappa Oudang Makassar. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 5(2), 193-199. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/6734
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.