Sosialisasi dan Implementasi Biopori untuk Pencegahan Bencana Banjir dengan Memanfaatkan Barang Bekas

Main Article Content

Fifia Chndra
Maristami Christine Natalia Sigaligging
Risa Nadhira Putri
Riza Nadhira Putri
Dwi Muthia Sari
Puty Najwa Anandathov Kiswara
Yulia Adinda Rahmana
Nurul Azizah
Jufri Ramdani
Faris Fadhilah Firdaus
Farihur Rahman Zheta

Abstract

Permasalahan banjir kerap menimpa Dusun Pesisir di Desa Sungai Geringing. Maka muncullah ide untuk membuat lubang resapan dengan biopori dengan menggunakan sampah organik sebagai bahan utamanya. Lubang ini berfungsi menyerap air dalam tanah dan dapat digunakan untuk membuat kompos, pembuatannya juga mudah dan tidak memerlukan banyak tempat. Lubang biopori memerlukan pipa PVC untuk penyerapan. Karena mahalnya harga pipa, salah satu alternatifnya adalah botol air mineral ukuran 1,5 liter yang sering dibuang dan tidak terpakai. Biopori tidak memerlukan banyak ruang dan proses pembuatannya juga sangat mudah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Desa Sungai Geringging khususnya di Desa Pesisir. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode ceramah, praktek langsung, dan evaluasi capaian kegiatan sebagai alat ukur capaian. Oleh karena itu, kita dapat memperoleh manfaat dari sampah yang tidak terpakai dan permasalahan ini dapat diatasi dengan memahami pentingnya biopori sebagai lubang resapan air dan penyubur tanah.

Article Details

How to Cite
Chndra, F., Sigaligging, M. C. N., Putri, R. N., Putri, R. N., Sari, D. M., Kiswara, P. N. A., Rahmana, Y. A., Azizah, N., Ramdani, J., Firdaus, F. F., & Zheta, F. R. (2023). Sosialisasi dan Implementasi Biopori untuk Pencegahan Bencana Banjir dengan Memanfaatkan Barang Bekas. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 5(2), 207-213. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/6737
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.