Membentuk Karakter Unggul melalui Keterlibatan Aktif dalam Urban Farming

Main Article Content

Radjawali Usman Rery
Alex Rianto Sitinjak
Yori Amalia
Fajrianti Wahyuni
Illyin Mahsyari
Intan Br Pasaribu
Meinikmawati Laia
Sumalinda Sumalinda
Titin Hasanah

Abstract

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan fokus pada Urban Farming di Sekolah Dasar Negeri SDN 007 Rambah bertujuan untuk mengajarkan konsep pertanian perkotaan kepada siswa-siswi SDN tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak dari program KKN ini terhadap pengetahuan dan kesadaran siswa tentang pentingnya pertanian perkotaan, serta dampak positifnya pada komunitas sekitar. Metode yang digunakan dalam program ini meliputi pelatihan bagi siswa SDN 007 Rambah tentang teknik dasar pertanian perkotaan, seperti pemeliharaan tanaman dalam pot dan penggunaan pupuk organik. Selain itu, siswa juga diajak untuk berpartisipasi dalam kegiatan praktik langsung di area yang telah disediakan di sekolah, di mana mereka dapat merawat tanaman dan memahami siklus pertumbuhan tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program KKN Urban Farming di SDN 007 Rambah berhasil meningkatkan pengetahuan siswa tentang pertanian perkotaan dan menginspirasi mereka untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pertanian di lingkungan sekitar.

Article Details

How to Cite
Rery, R. U., Sitinjak, A. R., Amalia, Y., Wahyuni, F., Mahsyari, I., Pasaribu, I. B., Laia, M., Sumalinda, S., & Hasanah, T. (2023). Membentuk Karakter Unggul melalui Keterlibatan Aktif dalam Urban Farming. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 5(2), 251-257. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/6821
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.