Pertanian Ramah Lingkungan dengan Memanfaatkan Akar Bambu untuk Pembuatan Plant Growth Promoting Rhizobacteria

Main Article Content

Ismaya Ismaya
Andi Ahmad Chabir Galib
Syawal Sitonda
Elihami Elihami

Abstract

Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) merupakan sejenis bakteri yang hidup di perakaran tanaman, PGPR merupakan bakteri-bakteri yang hidup di sekitar perakaran tanaman. Bakteri tersebut hidup secara berkoloni menyelimuti akar tanaman. Bagi tanaman keberadaan mikroorganisme ini sangat baik, karena bakteri ini memberi keuntungan dalam proses fistologi tanaman dan pertumbuhannya. Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Nating Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan akar bambu sebagai bahan alternatif  sebagai bahan utama pembuatan PGPR untuk menunjang pertanian ramah lingkungan. Metode yang digunakan yaitu observasi, penyampaian materi dan praktek langsung pembuatan PGPR. Hasil dari kegiatan ini yaitu masyarakat Dusun Nating mampu menghasilkan PGPR dari akar bambu.

Article Details

How to Cite
Ismaya, I., Galib, A. A. C., Sitonda, S., & Elihami, E. (2024). Pertanian Ramah Lingkungan dengan Memanfaatkan Akar Bambu untuk Pembuatan Plant Growth Promoting Rhizobacteria. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 6(1), 1-4. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/7794
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.