Media Pembelajaran POP-UP BOOK Kelas V SDN 181 Curio yang Kreatif dan Inovatif
Main Article Content
Abstract
Pengabdian ini berfokus pada mengembangkan media pembelajarandalambentuk Pop Up Book yang kreatif dan Inovatif interaktif pada bidang kognitif dengan tema Lingkungan untuk siswa kelas 5 SDN 181 Curio. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi 7 langkah penelitian yaitu: (1) Observasi, (2) Penelitian dan pengumpulan data; (3) Perencanaan ; (4) Pengembangan draft produk (5) Uji cobalapanganawal/permulaan ; (5) Perbaikan hasil uji coba ; (6) Uji coba lapangan; dan (7) Penyempurnaan produk hasil uji cobalapangan. Intrumen yang digunakanadalahkuesionertentang media yang dibuat dan penilaianuntukaspekkemenarikan, efesiensi, dan efektifitas media. Teknik analisis data yang digunakanadalahanalisiskualitatif dan kuantitatifberupapersentase. Hasil penelitiandidapatkan 90,58% untukvalidasiahlimateri dan 95% untukahli media; 95,83% untukaspekkemenarikan, 80,56% untukaspekefesiensi, dan 88% untukaspekefektifitas pada uji cobapermulaandengan 6 orang siswasebagaisampel; dan rentang 80-100% untukketigaaspekpenilaiantersebut pada uji cobalapangan. Hasil inimenunjukkanbahwa media yang dikembangkanlayakuntukdigunakan dan dimanfaatkansebagai salah satualternatif media pembelajaranbidangkognitifuntuksiswakelas 5 SDN 181 Curio.
Article Details
References
Bates,A.W.T.(1995).TechnologyOpenLearningandDistanceEducation.NewYork: TJ PressLtd.
Borg,W.R.,&Gall,M.D.(1983).EducationalResearch:AnIntroduction,Fourth edition,chapter18.Educational researchanddevelopment.NewYork: Longman.
Brotosiswoyo,B.S.(2001).HakikatPembelajaranFisika diPerguruanTinggi, Jakarta:ProyekPengembanganUniversitasTerbuka, DirektoratJendralPendidikanTinggi, Depdiknas.
Busa, Y. (2020). Bimbingan Teknis Pembuatan Media Pembelajaran Digital secara daring oleh civitas akademika ditengah pandemi Covid-19. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 158-165.’
DancyMelissaH.,&BeichnerR.(2006).ImpactOfAnimationonAssessmentofConceptualUnderstandinginPhysics.TheAmericanPhysicalSociety,2010104, (7).
Eskarya, H., & Elihami, E. (2020). THE INSTITUTIONAL ROLE OF FARMER GROUPS TO DEVELOP THE PRODUCTION OF COCOA. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 81-87.
Ghufron, M.N., &Risnawita, R. (2012). Gaya BelajarKajian Teoritik.Yogyakarta:PustakaPelajar.
Iram&Blatchford, S.(2006).AGuide toDeveloping theICTCurriculumforEarlyChildhood Education. London: Early Education.
Mayer. R.E., &Moreno. R. (1999). CognitivePrinciplesOfMultimediaLearning: TheRoleofModality and Contguity.Journalof EducationalPyschology.91 (II):358-368.
Mustakim, M., & Elihami, E. (2020). UNDERSTANDING INDONESIA LANGUAGE AND CULTURE AT LONGQI ELEMENTARY SCHOOL TAINAN–TAIWAN ROC. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(1), 54-61.
Mustakim, M., Musdalifah, M., & Elihami, E. (2020). TEACHING INDONESIA LANGUAGE FOR KUN SHAN UNIVERSITY STUDENTS AND VOLUNTEERING FOR CAMPUS GUESTS FROM INDONESIAN UNIVERSITIES TAINAN–TAIWAN ROC. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(1), 42-53.
Sanger,M.J.,& Badger,S.M.,(2001).UsingComputer-BasedVisualization StrategiestoImprove Student UnderstandingofMolecularPolarityand Miscibilit.JournalofChemicalEducation, 78 (10):1412-1416
Sudijono,A.(2009).PengantarStatistikPendidikan.Jakarta:PTRajaGrafindoPersada.
Sudjana, N. (2010).Media Pengajaran.Bandung:SinarBaruAlgensindo. Xiaoming,Li&Melissa, S. A. (2004).Early Childhood ComputerExperienceandCognitiveand Motor Development.Pediatrics,113(6):1715-1722.
Syarif, I., & Elihami, E. (2020). Pengadaan Taman Baca dan Perpustakaan Keliling sebagai Solusi Cerdas dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SDN 30 Parombean Kecamatan Curio. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(1), 109-117.