Sosialisasi Dampak Penggunaan Gadget terhadap anak di desa Buntu Pema Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang

Main Article Content

Suparman Suparman
Putriyani S

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh STKIP Muhammadiyah Enrekang yang dilaksanakan pada awal Oktober tanggal 3 - 4 Oktober 2019, bertempat di desa Buntu Pema kecamatan curio ini telah memberikan sumbangan yang sangat berarti bagi warga masyarakat khususnya diwilayah desa pelali kecamatan curio kabupaten enrekang mendapat sambutan yang sangat baik dan antusiasme yang tinggi. Sosialisasi dampak penggunaan smaprphone tarhadap anak yang dilaksanakan di di desa buntu pema ini merupakan salah satu cara untuk mencegah dampak negative yang ditimbulkan pleh samrphone, sehingga diharapkan dengan sosialiasi ini dapat dijadikan sebagai langkah awal untuk mencegah dampak Gadget terhadap anak. Zaman sekarang, teknologi berkembang begitu pesatnya.Teknologi diciptakan untuk mempermudah urusan manusia dan mempermudah segala sesuatunya.Berbagai macam jenis teknologi yang tidak terhitung jumlahnya dapat kita jumpai di jaman modern ini mulai dari smartphone, laptop, dan sebagainya.Semakin canggih suatu zaman maka semakin banyak alat atau media canggih yang terus berkembang pesat dan semakin banyak pula orang menggunakannya untuk kebutuhan dalam mencari informasi dan memudahkan dalam pekerjaannya sehari hari. Namun, walaupun pada awalnya teknologi diciptakan untuk menghasilkan dampak positif, di sisi lain teknologi juga memberikan dampak negativ. Contohnya, seperti smartphone. Dalam kasus maraknya penggunaan smartphone dikalangan siswa/i SD, timbul dampak negativ yang diakibatkan oleh penggunaan smartphone dikalangan SD. Dampak negativ yang ditimbulkan seperti, menjadikan kecanduan terhadap Anak dibawah umur, tingkat keinginan belajar menurun saat di sekolah maupun di rumah dan anak anak akan malas bergerak. Khususnya di desa buntu pema, banyak sekali siswa/i yang masih SD yang berkisar umur 5-12 tahun dibebaskan untuk memainkan berbagai jenis smartphone.Padahal anak anak dibawah umur belum begitu penting untuk memiliki atau menggunakan smartphone untuk membantu pekerjaan sehari harinya.


Seperti akhir-akhir ini banyak terdapat pemberitaan mengenai dampak kecanduan Gadget, yang mengakibatkan kerugian bagi anak anak dan orang tua bahkan sampai hilangnya nyawa seseorang. Beberapa faktor pendukung kegiatan tersebut antara lain: Para peserta sosialisasi memeliki kemauan yang besar untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan mengenai dampak penggunaan Gadget. Beberapa kendala yang dihadapi pada saat sosialisasi dampak penggunaan Gadget. (1) Adanya keterbatasan dalam fasilitas pendukung untuk melakukan sosialisasi dan presentasi, diantaranya tidak adanya LCD proyektor. (2) Kegiatan pelatihan yang direncanakan berjalan 2 hari tidak dapat terealisasi dikarenakan terbentur dengan aktivitas para peserta yang kebanyakan adalah petani, dimana aktivitas mereka dimulai dari pagi-sore. Sehingga tim sosialisasi agak repot untuk menyesuaikan waktu yangcocok

Article Details

How to Cite
Suparman, S., & S, P. (2020). Sosialisasi Dampak Penggunaan Gadget terhadap anak di desa Buntu Pema Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 2(2), 40-50. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/792
Section
Articles

References

Ameliola, Nugraha. (2013). Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap Anak dalam Era Globalisasi.Diakses dari http://icssis.files.wordpress.com/ 2013/09/2013-0229 pada tanggal 10 Desember 2016.
Beritajakarta.com (Admin).(2015). Siswa Kelas 3 SD Diduga Sodomi 5 Bocah Di Jakut. DI Unduh Pada 5 Oktober 2015 Dari http://www.beritajakarta.com
Delima, R., N.K. Arianti., dan B. Pramudyawardani. (2015). Identifikasi Kebutuhan Pengguna Untuk Aplikasi Permainan Edukasi Bagi Anak Usia 4sampai6Tahun.JurnalTeknikInformatikadanSistemInformasi1(1):4 – 8.
Eskarya, H., & Elihami, E. (2020). THE INSTITUTIONAL ROLE OF FARMER GROUPS TO DEVELOP THE PRODUCTION OF COCOA. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 81-87.
Fadilah, Ahmad. 2011. “Pengaruh Penggunaan Alat Komunikasi Handphone (Hp) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Smp Negeri66 Jakarta Selatan. Skripsi.Program studi Ilmu Tarbiyah.FKIP.Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Hasan, H., Usman, M., Mustakim, M., Masnur, M., & Elihami, E. (2020). Produk Olahan Pepaya pada Masyarakat Boiya menjadi Selai yang menghasilkan nilai jual. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(2), 18-23.
Ibrahim, I., & Elihami, E. (2020). Pembuatan Bawang Goreng Raja di Kabupaten Enrekang. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(2), 6-17.
Ibrahim, I., & Elihami, E. (2020). Pembuatan Bawang Goreng Raja di Kabupaten Enrekang. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(2), 6-17.
Maulida, Hidayahti. 2013. Menelisik Pengaruh Penggunaan Aplikasi Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 2013. FKIP Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Mustakim, M., & Elihami, E. (2020). UNDERSTANDING INDONESIA LANGUAGE AND CULTURE AT LONGQI ELEMENTARY SCHOOL TAINAN–TAIWAN ROC. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(1), 54-61.
Mustakim, M., Musdalifah, M., & Elihami, E. (2020). TEACHING INDONESIA LANGUAGE FOR KUN SHAN UNIVERSITY STUDENTS AND VOLUNTEERING FOR CAMPUS GUESTS FROM INDONESIAN UNIVERSITIES TAINAN–TAIWAN ROC. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(1), 42-53.
Nurrachmawati, 2014.Pengaruh sistem operasi mobile android pada anak usia dini. jurnal pengaruh system operasi mobile android pada anak usia dini. Jurnal Pengaruh Sistem Operasi Mobile Android Pada Anak Usia Dini. Universitas Hasanuddin. Makasar.
Sari, P dan Mitsalia A. A. 2016. Pengaruh Penggunaan Gadget TerhadapPersonalSosial Anak Usia Pra Sekolah di Tkit Al Mukmin. Jurnal Profesi 13 (2) :73 – 77.
Suherman, S., Elihami, E., Rahmat, R., & Suparman, S. (2020). KEGIATAN MAPPUASAKI DI KABUPATEN ENREKANG. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(1), 1-15.
Syarif, I., & Elihami, E. (2020). Pengadaan Taman Baca dan Perpustakaan Keliling sebagai Solusi Cerdas dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SDN 30 Parombean Kecamatan Curio. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(1), 109-117.
Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah (3- 6 Tahun) di Tk Swasta Kristen Immanuel Tahun Ajaran 2014-2015. Universitas Tanjungpura.Pontianak.
Trinika, Y., A. Nurfianti., dan A. Irsan. 2015. Pengaruh PenggunaanGadget

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.