Apresiasi dan Kreasi Seni Kerajian Tangan Anyam di Desa Pasang

Main Article Content

Suherman Suherman
Elihami Elihami

Abstract

Kerajinan tangan merupakan salah satu karya seni rupa (terapan) yang memiliki nilai baik secara ekonomis maupun sosial. Kerajinan tangan sendiri terdiri dari beberapa macam, salah satunya adalah kerajinan tangan anyam. Di Desa Pasang kerajinan tangan anyam juga banyak diproduksi oleh warga masyarakat. Adapun kerajinan tangan anyam tersebut juga bermacam-macam, seperti kap lampu dengan berbagai bentuk, penanak nasi, tas, dan tempat tisu. Kegiatan pengabdian ini dilakukan sebagai upaya untuk membantu warga masyarakat Desa Pasang untuk mempromosikan produk-produk kerajinan tangan mereka, sekaligus untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi, serta kreatifitas mahasiswa dalam berkarya seni khususnya seni kerajinan tangan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari di Desa Pasang. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa masyarakat di Desa Pasang membutuhkan pelatihan atau pendampingan lebih lanjut dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan produk-produk seni kerajinan tangan anyam mereka, serta meningkatkan manajemen pengelolaan dan pemasaran. Selain itu, Kegiatan pengabdian ini juga menunjukkan bahwa kegiatan apresiasi dan kreasi secara langsung dapat meningkatkan pemahaman dan kreativitas mahasiswa dalam membuat karya kerajinan tangan.

Article Details

How to Cite
Suherman, S., & Elihami, E. (2023). Apresiasi dan Kreasi Seni Kerajian Tangan Anyam di Desa Pasang. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 5(2), 354-258. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/8371
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.